LENSA POLITIKNEWS

PAW DPRD Bangka, Novian Arywijaya Berhak Gantikan Almarhumah Deasy

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Satu posisi keanggotaan di DPRD Bangka dipastikan kosong. Hal ini terjadi, karena satu anggota atas nama Deasy Arisandi, statusnya berhalangan tetap karena meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Untuk mengisi kekosongan, mekanisme penggantian antarwaktu (PAW) dipastikan akan terjadi dalam waktu dekat di DPRD Bangka.

Deasy Arisandi meninggal dunia, Kamis, 8 April 2021, pekan lalu. Almarhumah tercatat sebagai anggota DPRD Bangka dari Daerah Pemilihan Mendo Barat dan Merawang. Dia maju dari Partai Gerindra dan meraih suara terbanyak kedua di partainya dari dapil tersebut yang memperoleh 2 kursi, atas nama Taufik Koriyanto dan Deasy Arisandi.

Dengan adanya kursi yang ditinggalkan Deasy, menjadikan satu calon legislatif akan naik untuk menggantikan. Dengan merujuk pada Pasal 242 ayat 1 Undang-undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) maka Calon Anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dari partai yang sama dan dapil yang sama, berhak untuk menggantikan posisi yang kosong tersebut lewat proses PAW.

Dari data hasil perolehan suara yang diunggah di situs KPU, dari Dapil Mendo Barat dan Merawang untuk caleg Partai Gerindra di pemilu 2019 lalu, tercantum data caleg nomor urut 9 atas nama Novian Arywijaya memiliki suara terbanyak di bawah Deasy.

Novian Arywijaya mengantongi total suara sebanyak 899 suara. Lalu, di posisi berikutnya atas nama Bambang Ari Satria dengan total 703 suara. Kemudian, M Rasid dengan 343 suara, Irwan 169 suara, Jumyani 158 suara, H Mat Amin 79 suara, dan Tri Yuniati dengan 16 suara.

Dengan demikian, bila mengacu pada UU MD3 maka Novian Arywijaya berhak atas satu kursi DPRD Bangka yang kosong tersebut.

Kepada Lensabangkabelitung.com, Novian mengatakan sejauh ini dirinya sudah diminta untuk mempersiapkan berkas-berkas untuk proses PAW.

“Dari partai sudah ada komunikasi. Sudah ada yang menghubungi saya,” ujar Novian, Selasa, 13 April 2021.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button