LENSA KESEHATANNEWSPANGKALPINANG

Nakes Ngeluh Belum Dibayar, Alasan Gubernur: Sejak Rekrutmen Mereka Tahu Pasti Telat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Soekarno mengeluhkan belum menerima gaji hingga saat ini. Buntutnya, para nakes tersebut melaporkan hal itu ke DPRD Bangka Belitung karena haknya selama bekerja tidak kunjung dibayarkan.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan pihaknya sedang mempercepat proses pembayaran gaji para nakes tersebut.

“Sudah kita percepat karena masih akan diajukan ke DPRD. Dalam waktu dekatlah semua bisa diselesaikan,” ujar Erzaldi kepada Lensabangkabelitung.com usai memantau aktivitas bongkar muat ekspor di Pelabuhan Pangkalbalam, Senin malam, 26 April 2021.

Erzaldi menuturkan gaji para nakes tersebut awalnya menjadi tanggungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Karena ada sesuatu dan lain hal, kata Erzaldi, BNPB menyerahkannya ke pemerintah provinsi.

“Sebetulnya sudah ada sebelumnya kita sudah kasih tahu. Soal gaji, tadinya ditanggung BNPB. Tapi karena sesuatu, BNPB menyerahkan kepada kita. Sedangkan ini sudah harus operasional. Kita belum siap,” ujar dia.

Para nakes itu, kata Erzaldi, pada saat dilakukan rekrutmen sudah mengetahui bahwa gaji yang akan diterima masih dalam perencanaan dan sanggup untuk bekerja dahulu meski belum digaji.

“Waktu merekrut kita kasih tahu gajinya masih dalam perencanaan. Karena kita butuh perawat ini, kita tanya mau tidak sementara belum dapat gaji tapi kerja dulu. Kita rekrut dan kalian kerja. Karena ini kemanusiaan. Masa kita mau nunggu orang. Mereka sanggup, oke kita jalankan. Sebenarnya tidak masalah. Tetapi kami tetap berusaha secepatnya,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button