NEWS

DPRD Bangka Tengah Bakal Adopsi Program Sosialisasi Perda Milik DPRD Provinsi Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Tengah melalui Komisi II melaksanakan rapat koordinasi dengan DPRD Provinsi Bangka Belitung untuk membahas program penyebarluasan peraturan daerah kepada masyarakat atau yang dikenal akrab dengan sosialisasi perda (sosper).

“Kegiatan penyebarluasan perda merupakan suatu terobosan baru yang patut di adopsi terlebih perda-perda yang telah dibuat harus diketahui oleh seluruh masyarakat di daerahnya,” kata Ketua Komisi II DPRD Kabupatrn Bangka Tengah Edi Purwanto, di Ruang Badan Musyawarah DPRD Babel, Senin, 5 April 2021.

Menurut Edi, tujuan dari sosialisasi perda itu bentuk edukasi kepada masyarakat supaya produk politik yang dikeluarkan oleh badan legislatif itu harus tersampaikan, sehingga penegakanpun tidak mengalami keterhambatan.

“Inilah mungkin kebijakan yang menurut saya positif dan mudah-mudahan bisa direalisasikan. Apa saja yang harus kita lakukan, penambahan atau pengurangannya di kabupaten bangka tengah akan kita tindaklanjuti,” tuturnya.

Di tempat yang sama, DPRD Provinsi Babel melalui Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Amri Cahyadi, mengatakan penyebarluasan peraturan daerah merupakan hal baru yang dilaksanakan oleh pihaknya.

“Meskipun sesuatu yang baru, tetapi respon dan antusiasme masyarakat sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari tingkat partisipasi masyarakat pada saat pelaksanaan kegiatan waktu lalu,” ungkap Amri.

Program penyebarluasan perda ini, sambung sangat dirasakan efektif untuk meningkatkan edukasi dan pemahaman masyarakat atas peraturan-peraturan daerah yang selama ini disahkan oleh DPRD Babel di sidang paripurna, terlebih lagi tentang sanksi-sanksi dalam muatan perda itu tujuannya bukan untuk membebankan tetapi bahwa masyarakat termasuk DPRD harus memahami koridor hukum yang berlaku.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button