NEWS

Sebanyak 21 Penambang TI Selam Teluk Kelabat Diamankan, 4 Orang Ditahan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bangka Belitung resmi menetapkan empat orang tersangka terkait aktivitas penambangan timah ilegal di Teluk Kelabat, Belinyu, Kabupaten Bangka.

Kasubdit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Bangka Belitung Komisaris Polisi Wahyudi Rahman mengatakan pihaknya berhasil mengamankan total 21 orang yang mengoperasikan Tambang Inkonvensional (TI) dengan metode selam.

“Dari 21 orang tersebut, ada empat orang yang kita lakukan penahanan karena diduga kuat sebagai pemilik ponton. Sedangkan yang lainnya saksi dan setelah menandatangani berita acara pemeriksaan kita pulangkan,” ujar Wahyudi kepada Lensabangkabelitung.com, Kamis, 4 Maret 2021.

Selain menahan empat orang, kata Wahyudi, penyidik Ditreskrimsus juga telah menetapkan satu orang terduga pemilik tambang yang berinisial LA masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yang saat ini sedang dalam pengejaran.

“Keempat tersangka yang ditahan kita jerat pidana dengan persangkaan melanggar Pasal 158 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba),” ujar dia.

Wahyudi menambahkan pihaknya juga telah turut mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya lima unit ponton TI Selam berikut dengan peralatan tambang dan mesin.

“Untuk barang bukti ponton sementara kita titipkan di Pos Satpolairud Belinyu untuk diamankan. Sedangkan untuk peralatan tambang dan mesin dalam aktivitas tersebut kita bawa ke Mapolda Bangka Belitung untuk proses lebih lanjut,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button