NEWS

Polda Babel Bangun Rutan Baru, Ada Sel Khusus Tahanan Teroris

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung akan membangun Rumah Tahanan (Rutan) baru dengan kapasitas lebih banyak menampung tahanan. Pembangunan rutan baru tersebut disebabkan kondisi rutan yang ada sekarang sudah kurang memadai.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan pembangunan rutan baru yang dibangun bersebelahan dengan gedung logistik tersebut saat ini sudah mendapat persetujuan dari Mabes Polri dengan anggaran Rp 8 miliar.

“Rutan yang ada saat ini masih bergabung dengan gedung utama Polda. Jika sudah selesai, maka semua tahanan akan dipindahkan ke rutan yang baru. Mungkin satu atau dua bulan kedepan pembangunannya akan dimulai,” ujar Anang kepada wartawan, Jumat, 26 Maret 2021.

Anang menuturkan kapasitas rutan baru direncanakan bisa menampung hingga 100 orang tahanan. Dia juga mengatakan akan ada sel khusus dalam ruang rutan baru nanti.

“Kita akan siapkan sel tahanan khusus teroris yang mana ruangannya akan tersendiri dan terpisah dengan sel tahanan umum,” ujar dia.

Anang menambahkan kebutuhan pembangunan rutan baru menjadi salah satu yang diupayakan pihaknya agar segera dibangun karena saat tahanan melebihi kapasitas pihaknya sering kesulitan.

“Pengalaman beberapa waktu lalu begitu tahanan kita penuh terpaksa kita harus bagi-bagi ke Polsek. Sedangkan Polsek terkadang belum siap fasilitasnya sehingga kemarin ada tahanan yang kabur,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button