BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALLENSA POLITIKNEWS

Penyusunan RPJMD/RKPD Bangka Selatan Diharapkan Lebih Cermat

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar Forum Konsultasi Publik guna membahas rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengatakan penyusunan RPJMD 2021-2026 dan RKPD tahun 2022 harus lebih cermat dan lebih terintegrasi serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

“Melalui acara Forum Konsultasi Publik tadi kita minta seluruh elemen yang hadir untuk dapat menyampaikan ide gagasan dan sumbangan saran serta berbagai masukan yang konstruktif guna perumusan dan penyusunan rencana kerja pemerintah Kabupaten Bangka Selatan,” kata Debby kepada wartawan, Selasa, 23 Maret 2021.

Ia menuturkan, penyusunan RPJMD diperlukan sinergi, kolaborasi diskusi, serta proses-proses panjang lainnya yang harus dilalui. Dokumen RPJMD memuat secara lengkap dan sistematis, visi dan misi kepala daerah, dengan tujuan pembangunan, sasaran pembangunan, strategi pembangunan, arah kebijakan, indikator kinerja dan tahapan pencapaian serta gambaran umum pendanaan yang diperlukan.

“Visi RPJMD Kabupaten Bangka Selatan tahun 2021-2026 yakni Bangka Selatan yang maju dalam pertumbuhan ekonomi, pertanian, perikanan, dan pengembangan SDM berbasis riset, inovasi dan gotong royong,” ujar dia.

Debby mengungkapkan, dalam penyusunan RPJMD tahun 2021-2026 dan RKPD tahun 2022, semua pimpinan dan aparatur di perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berfikir terbuka, memiliki visi kedepan terintegratif, dan inovatif.

“Perangkat daerah harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur. Sehingga penyelenggaraan pembangunan di kabupaten Bangka Selatan lebih terarah, terukur, dan akuntabel serta menjawab isu-isu yang starategis yang ada,” ujar dia.

Ia menambahkan, bahwa tantangan kedepan semakin berat dan masih sangat banyak pekerjaan yang harus dituntaskan. Untuk itu, pemerintah kabupaten dituntut untuk terus menjaga kebersamaan, bekerja keras, berikhtiar cerdas, bersungguh-sungguh dan konsisten dalam pencapaian target pembangunan.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button