BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Nanas Bikang Punya Potensi Besar Jadi Komoditas Ekspor

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menginginkan potensi nanas yang ada di Desa Bikang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan bisa diekspor ke luar daerah.

“Kita berharap Nanas Bikang ini tidak hanya menjadi konsumsi masyarakat Bangka, namun kita harus berani melakukan ekspor Nanas Bikang ini,” kata Erzaldi kepada wartawan usai menghadiri acara nganggung Ruwahan di Desa Bikang, Selasa Siang, 30 Maret 2021.

Ia menuturkan, untuk melakukan ekspor perlu syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti misalnya dari segi besaran, volume, tingkat kemanisan dan tberapa lama buah Nanas ini bisa bertahan, dan ini harus dipenuhi.

“Kalau misalnya kita sudah memenuhi syarat- syarat dimana kita bisa mengekspor, saya yakin Insya Allah Nanas Bikang bisa berkompetisi untuk memenuhi pasaran ekspor kedepan,” ujar dia.

Menurut Erzaldi dengan harga buah Nanas Bikang saat ini di kisaran harga Rp 10-15 Ribu, jika Nanas ini bisa di Ekspor maka harga akan jauh lebih baik. Dan untuk saat ini, harga tersebut merupakan suatu hal yang sangat bagus. Dan potensi ini bisa kita kembangkan.

“Potensi Nanas di Desa Bikang ini saya sudah sampaikan kepada pak Kades, bahwa saya akan melakukan pemetaan terlebih dahulu sejauh mana ketersediaan lahan untuk pengembangan kebun Nanas ini nanti,” ujar dia.

Sementara itu, ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengatakan, saat ini buah Nanas yang dihasilkan sudah diproduksi menjadi selai, sirup dan juga kerupuk atau kemplang nanas .

“Tadi saya sudah mengunjungi kelompok wanita tani (KWT) Nanas Madu dan merkea sudah membuat beberapa inovasi dari buah Nanas ini. Tinggal nanti bagaimana kita mengemasnya dan rasanya bisa kita tingkatkan lagi. Jadi untuk produk turunan Nanas sudah bagus dan saya berharap ada inovasi-inovasi baru lainnya,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button