BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA POLITIKNEWS

Lantik ABPEDNAS Bangka Selatan, Riza: BPD Harus Mengetahui Segala Regulasi Desa

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid melantik pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) masa Bhakti 2021-2026.

Riza mengatakan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memiliki peran yang luar biasa, segala pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa yang tertuang di dalam rancangan peraturan desa tentang anggaran pendapatan dan belanja desa harus dimusyawarahkan terlebih dahulu dan mendapat persetujuan dari BPD.

“BPD harus mengetahui segala regulasi yang berlaku di desa, pelajari aturan-aturan yang mendasari dasar-dasar pembangunan dan pengelolaan keuangan di desa sehingga tidak menjadi miss dan timbul permasahan hukum dikemudian hari,” kata Riza Herdavid, Senin, 29 Maret 2021. 

Ia menuturkan, dari strategisnya peranan tugas dari BPD, sinergitas antara BPD dan pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten harus dilakukan dan terus ditingkatkan agar permasalahan-permasalaham yang perlu segera diselesaikan ataupun kebijakan yang perlu ditetapkan.

“Untuk mempermudah sinergitas ini dibentuklah wadah pemersatu bagi BPD dengan terbentuknya DPC ABPEDNAS Kabupaten Bangka Selatan. ABPEDNAS merupakan wadah bagi anggota BPD seluruh Indonesia dalam menyamakan pemahaman terkait peranan BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” ujar dia.

Riza mengungkapkan, dengan terbentuknya organisasi ABPEDNAS, diharapkan bisa berjalan berdampingan dengan organisasi yang sudah hadir sebelumnya yakni APDESI, sehingga bisa menjadi motor penggerak dalam meningkatkan perekonomian di desa, dan bisa menggali potensi-potensi desa untuk kesejahteraan dan kemakmuran desa kedepannya.

“ABPEDNAS bisa menjadi wadah untuk menampung aspirasi anggota BPD sehingga bisa menempatkan posisi diri saat pemerintah akan mengambil suatu kebijakan dengan cara memberikan masukan maupun pendapat untuk kearah yang lebih baik,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button