BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Dukung Swasembada Beras, Basel Terima Bantuan Alsintan Combine Harvester Dari Kementan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan menyerahkan penghargaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Combine Harvester besar kepada UPJA Marga Jaya Desa Rias Kecamatan Toboali.

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid mengatakan bantuan Alsintan yang diberikan kepada UPJA Marga Jaya merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Direktorat Alat Mesin dan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada kita berupa satu unit Combine Harvester besar yang hari ini kita serahkan kepada UPJA Marga Jaya Desa Rias Kecamatan Toboali,” kata Riza kepada wartawan, Senin, 29 Maret 2021.

Ia menuturkan, dengan adanya penambahan satu unit Combine Harvester besar para petani yang selama ini masih kekurangan Alsintan berupa Combine Harvester besar, capaian produktivitas hasil baik kualitas maupun kuantitas didapatkan oleh petani.

“Dengan bantuan ini, Kabupaten Bangka Selatan sebagai daerah penghasil beras di provinsi Bangka Belitung dalam mendukung program swasembada beras dapat tercapai,” ujar dia.

Riza mengungkapkan, selain bantuan Alsintan, pihaknya juga menyerahkan bantuan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier (RJIT), optimalisasi lahan dan embung pertanian yang bersumber dari belanja barang bantuan pemerintah (BANPER) yang diserahkan kepada masyarakat APBN tahun 2021 kepada Gapoktan.

“Kita berharap bantuan yang diberikan dan terehabilitas dan meningkatnya fungsi jaringan irigasi sehingga mampu meningkatkan fungsi layanan irigasi, meningkatkan luas areal tanam dan atau indeks pertanaman serta meningkatkan partisipasi P3A, GP3A, Poktan, dan Gapoktan dalam pengelolaan jaringan irigasi,” ujar dia.

Ia menambahkan pihaknya dari telah menyalurkan bantuan alsintan baik dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten kepada Poktan, Gapoktan, UPJA dan Brigade sebanyak 1.087 unit yang terdiri dari traktor roda dua dan roda empat, cultivator, pompa air serta alat mesin pertanian lainnya.

“Alsintan yang telah diberikan ini untuk dirawat dan dipelihara dengan baik. Apalagi kita sudah mempunyai perbengkelan alsintan yang telah dibangun pada tahun 2020 di Desa Rias Kecamatan Toboali yang menyediakan layanan pemeliharaan, perbaikan dan penyediaan suku cadang,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button