BANGKANEWS

Bupati Bangka Panen Raya Sayuran Hidroponik

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Bupati Bangka, Mulkan, Senin, 8 Maret 2021 memanen sejumlah sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Bangka Setara. Sejumlah sayuran yang telah siap panen tersebut di antaranya sawi manis, bayam brazil, pakcoy serta sawi pagoda.

Mulkan menyampaikan, melalui panen raya ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada masyarakat dalam hal upaya pemanfaatan lahan perkarangan. Terlebih lagi melalui mekanisme hidroponik akan lebih efisien serta terawat.

“Ini merupakan contoh bagi masyarakat sehingga masyarakat lebih tertarik untuk menanam sayuran meskipun di lahan sempit. Selain waktu panen yang lebih cepat sayuran hidroponik ini juga sehat bebas pestisida,” ungkap Mulkan.

Sejauh ini Pemerintah Kabupaten Bangka juga telah memanfaatkan sejumlah lahan yang dimiliki. Diantaranya yaitu bekas kantor bupati lama yang telah ditanami jagung beserta kacang tanah dan kini juga ditanami bawang merah.

Kebun hidroponik Bangka Setara sendiri telah berdiri sejak tahun 2019. Selain sebagai contoh budidaya sayuran di pusat kota, hadirnya Kabun Hidroponik Bangka Setara juga menjadi tujuan wisatawan untuk membeli atau belajar teknik hidroponik.

Kepala Pengurus Kebun Hidroponik Bangka Setara, Dodi menjelaskan saat ini kebun telah memiliki 1.700 lubang tanam serta 400 lubang persemaian. Jumlah tersebut akan terus ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan sayuran hidroponik di masyarakat.

“Permintaan sayuran kita cukup banyak, bahkan restoran restoran di seputaran Sungailiat juga ada yang rutin memesan di kami. Sebelumnya mereka harus memesan sayuran dari luar daerah kini kita telah mampu memproduksinya dengan sistem hidroponik,” ungkap Dodi.

Sumber: bangka.go.id

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button