NEWS

Berlaku 1 April, Begini Prosedur dan Tempat Test GeNose di Bandara Hanandjoeddin

Lensabangkabelitung.com, Belitung – PT Angkasa Pura II sebagai operator Bandara Internasional Hanandjoeddin Tanjungpandan saat ini tengah mematangkan rencana penggunaan test GeNose C19 di sektor penerbangan sesuai surat edaran Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang mulai digunakan pada 1 April 2021.

“Sudah kita siapkan terkait dengan test GeNose tersebut, dalam hal ini koordinasi dengan pihak Kimia Farma sebagai mitra penyedia layanan test GeNose, awal bulan mudah-mudahan sudah bisa kita terapkan, ” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II KC Bandara Hanandjoedin, Untung Basuki kepada Lensabangkabelitung.com dalam sambungan telepon, Selasa, 30 Maret 2021.

Untung menyebutkan, pihaknya nanti akan menyediakan dua alat skrining deteksi virus Covid-19 dengan metode hembusan nafas tersebut untuk layanan di bandara. Layanan Genose C19 bisa dilakukan calon penumpang di Airport Health Center (Area Gedung Terminal) yang berada di Bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan.

“Tempat layanan GeNose masih gabung di gedung layanan rapid test antigen di bandara,” jelasnya.

Meskipun adanya layanan GeNose, kata Untung, tidak akan menghilangkan rapid test antigen dan PCR tes yang menjadi salah satu syarat perjalanan menggunakan transportasi udara. “Karena itu opsional penumpang mengunakan yang mananya,” timpalnya.

Dia pun berpesan bagi penumpang yang nantinya akan melakukakan layanan GeNose C19 untuk dapat mempersiapkan waktu sebelum penerbangan. Sebab meskipun hasil dari test GeNose C19 relatif lebih cepat dikhawatirkan ramai antrian dan keterbatasan alat skrining test tersebut.

“Terbit hasilnya kan kurang lebih delapan sampai sepuluh menit untuk menghindari antrian panjang juga dan yang terpenting tetap jaga protokol kesehatan selama melakukan perjalanan,” demikian pesan EGM AP II Bandara Hanandjoedin Untung Basuki.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button