NEWS

Begini Nasib Dua Terduga Teroris Asal Babel yang Ditangkap Densus

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dua orang terduga terkait dengan terorisme yang ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri beberapa waktu lalu di Bangka dan Belitung hingga saat ini masih ditahan.

Terduga teroris tersebut adalah K alias S, laki-laki, 39 tahun, warga transmigrasi Dusun Sinar Setiung Desa Lilangan Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur dan RG warga Kabupaten Bangka.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan saat ini K dan RG masih berada di Pulau Bangka dan belum dibawa ke Jakarta.

“Belum dibawa ke Jakarta. Keduanya masih ditahan,” ujar Anang kepada Lensabangkabelitung.com usai peletakan batu pertama pembangunan gedung Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas di Mapolda Bangka Belitung, Jumat, 26 Maret 2021.

Anang menuturkan pihaknya saat ini masih menunggu kabar selanjutnya dari Densus untuk proses membawa kedua teroris tersebut ke Jakarta.

“Belum dibawa ke Jakarta karena menunggu giliran. Di Jakarta juga masih banyak teroris yang diperiksa. Nanti kita menyusul. Kalau untuk pemeriksaan sudah. Tinggal waktu saja,” ujar dia.

Sebelumnya Anang mengatakan bahwa terduga teroris K alias DZ merupakan anggota jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Khilafah (JAK).

“Dia juga diduga kuat sebagai pelaku teror yang menjalankan aksinya di Jogya dan beberapa daerah di Jawa Tengah. Sudah masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) Densus,” ujar dia.

Sedangkan untuk pelaku RG, kata Anang, diamankan karena sangat aktif di media sosial untuk menyuarakan bagaimana membuat bom, membagikan tentang kejadian di Timur Tengah dan menghasut orang melakukan kekerasan.

“Pelaku RG diduga merupakan simpatisan dari ISIS dan pernah bergabung dengan FPI (Front Pembela Islam),” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button