NEWS

Bea Cukai Pangkalpinang Amankan 1,6 Juta Batang Rokok Ilegal

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kantor Pengawasan dan Pelayanan (KPP) Bea Cukai Pangkalpinang kembali mengamankan jutaan batang rokok ilegal yang akan beredar di Pulau Bangka.

Dilansir dalam laman Instagram Bea Cukai Pangkalpinang @beacukaipapin, penindakan dan penyitaan rokok ilegal tersebut dilakukan pada Rabu Kemarin, 3 Maret 2021 di berbagai wilayah Pulau Bangka.

Dalam penindakan tersebut, turut diamankan dua orang yang berinisial RA dan Ri karena diduga melakukan pelanggaran di bidang cukai dengan jumlah keseluruhan barang bukti 1.689.180 batang rokok ilegal.

Penindakan tersebut dilakukan Bea Cukai Pangkalpinang dengan fokus giat pelaksanaan menjalankan ketentuan sesuai dengan Undang-undang nomor 39 tahun 2007 tentang cukai termasuk mengawasi rokok ilegal yang beredar di kalangan masyarakat.

Beberapa kategori tentang rokok yang diduga ilegal sesuai Pasal 29 ayat (1) Undang-undang Nomor 39 tahun 2007 antara lain berciri seperti rokok tanpa dilengkapi pita cukai (Polos), dilekati pita cukai yang bukan haknya, menggunakan pita cukai tidak sesuai jenis dan golongan dan dilengkapi pita cukai palsu atau bekas.

Bea Cukai sendiri terus berkomitmen menjaga kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya rokok ilegal.

Meski situasi pandemi dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab, Bea Cukai tetap melaksanakan tugas sebagai Community Protector yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dari barang ilegal dan berbahaya serta menjalankan fungsi Revenue Collector untuk mengoptimalkan penerimaan negara.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button