NEWS

Tekan Angka Positif, Pemkot Pangkalpinang Lakukan Swab Antigen di Keramaian

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sedang asyik ngopi sambil memainkan games Higgs Domino di smartphone-nya, kehadiran sejumlah petugas berseragam mengejutkan Kojek dan sejumlah pengunjung Warkop Yumin, pada Senin malam, 15 Februari 2021. Beberapa pengunjung terlihat berusaha kabur, namun tak sedikit yang tertahan di dalam warkop yang menempati bangunan di sudut jalan, tepat di seberang Masjid Jamik Pangkalpinang.

Tapi tenang. Bukan soal games Higgs Domino yang membuat petugas gabungan hadir merazia warung-warung kopi malam itu. Melainkan pada aktivitas yang menimbulkan kerumunan yang timbul saat orang-orang ngopi di warkop. Para pengunjung Warkop Yumin yang malam tadi menjadi sasaran razia, di-swab antigen.

“Moga bae hasilnya negatif,” ujar Kojek, beberapa saat setelah menjalani swab antigen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus Hakim mengatakan kegiatan gabungan yang dilakukan Pemkot Pangkalpinang bersama TNI dan Polri dalam rangka untuk menegaskan adanya disiplin dalam protokol kesehatan yang harus dipatuhi tiap orang. Hal ini untuk menurunkan kasus positif Covid-19.

Dengan membawa perangkat swab, petugas melakukan swab antigen kepada tiap orang di dalam Warkop Yumin yang dirazia tadi malam.

“Ini langkah Satgas Covid-19 untuk melakukan skrining di keramaian. Kalau beberapa hari lalu, kita lakukam skrining di perbatasan, kali ini kita lakukan di tempat-tempat keramaian,” ujar dr Hakim.

Total ada sebanyak 87 orang menjalani swab antigen malam itu di Warkop Yumin. “Hasilnya negatif,” ujar dia.

Dikatakan dr Hakim, di malam-malam berikutnya, kegiatan razia dengan melakukan swab antigen langaung di lokasi, akan juga dilakukan di tempat-tempat keramaian lainnya.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button