NEWS

Institusi Polri Dicatut Sebagai Nama Media, Ini Pesan Polda Babel Untuk Masyarakat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung memberikan pernyataannya terkait kemunculan media yang mencatut dan mengatasnamakan institusi atau mitra Polri dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengatakan pihaknya sudah mengetahui ada beberapa oknum media online yang mengaku sebagai mitra Polri.
Institusi Polri, kata Maladi, telah memverifikasi pers sesuai dengan standar kompetensi guna menegakkan kemerdekaan pers serta mengantisipasi penyalahgunaan profesi wartawan.

“Polri hanya memilih mitra yang telah memiliki kriteria, sertifikasi kompetensi wartawan dan yang terpenting tergabung dalam PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) atau organisasi profesi lain yang tergabung dalam Dewan Pers,” ujar Maladi kepada wartawan, Rabu, 24 Februari 2021.

Menurut Maladi, setiap berita yang dimuat di media Polri atau mitra Polri sebelumnya pasti sudah mendapatkan persetujuan oleh Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bangka Belitung.

“Untuk Mabes Polri dan Polda Babel memiliki beberapa media resmi yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat seperti website Resmi Polri atau Divhumas Polri di www.polri.go.id atau humas.polri.go.id. Sedangkan website resmi Polda Babel adalah babel.polri.go.id,” ujar dia.

Selain website resmi, kata Maladi, institusi Polri juga memiliki sejumlah akun resmi di media sosial seperti di YouTube, Instagram, Twitter dan Facebook.

Disampaikan Maladi, Akun Youtube Resmi Mabes Polri adalah Div Humas Polri. Sedangkan Polda Babel adalah Tribrata News Polda Babel. Untuk Instragram resmi Mabes Polri adalah @divisihumaspolri sedangkan Polda Babel @poldababel. Di Twitter akun resmi Mabes Polri adalah @divhumas_polri sedangkan Polda Babel  adalah @Poldakepbabel1. Sedangkan untuk Facebook resmi Mabes Polri adalah @DivHumasPolri sedangkan Polda Babel adalah @poldakepbangkabelitung.

“Setiap informasi yang ada di website resmi Polri juga disampaikan di media sosial seperti Twitter, Youtube, Instagram dan Facebook,” ujar dia.

Maladi menambahkan Polda babel akan menindaktegas sesuai dengan Undang-undang yang berlaku kepada setiap oknum media yang mengaku mitra polri apalagi sampai melakukan pelanggaran hukum.

“Imbauan kita kepada masyarakat agar lebih selektif, tenang dan tidak mudah terprovokasi apabila terdapat berita-berita yang menyimpang dari oknum yang mengatasnamakan mitra Polri. Apabila masyarakat menemukan hal tersebut segera lapor kepada pihak yang berwajib untuk dilakukan penindakan lebih lanjut,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button