BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANNEWS

Waspada! Kasus Covid-19 Bangka Selatan Sudah Didominasi Transmisi Lokal

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan kembali bertambah. Hari ini dua warga asal Kecamatan Toboali dan Kecamatan Payung diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru bicara Satuan Tugas Pengendalian Covid-19 Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi mengatakan dua warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 berinisial UN (46 tahun) berjenis kelamin laki-laki dan RW (34 tahun) berjenis kelamin perempuan.

“Pasien UN terkonfirmasi positif Covid-19 setelah hasil swab dari RSBT Pangkalpinang pada Selasa 5 Januari 2020. Sedangkan untuk pasien RW terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab pada Senin 4 Januari 2021,” ujar Supriyadi kepada Lensabangkabelitung, Kamis, 7 Januari 2021.

Ia menuturkan, pasien UN yang berasal dari Kecamatan Toboali merupakan kategori dengan status orang dengan gejala (ODG) meskipun tidak pernah melakukan perjalanan ke luar daerah. Sedangkan untuk pasien RW asal Kecamatan Payung juga merupakan kategori warga dengan status orang tanpa gejala.

“Untuk pasien UN sudah dilakukan karantina di Mess karantina Toboali, sedangkan pasien RW melakukan isolasi mandiri di Pangkalpinang,” ujar dia.

Supriyadi menghimbau kepada masyarakat untuk waspada tetap disiplin protokol kesehatan, mengingat saat ini Bangka Selatan mulai menunjukan peningkatan kasus dan sudah tidak didominasi import case tetapi transmisi lokal.

“Terus patuhi protokol kesehatan, dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak,” ujar dia.

Ia menambahkan, dengan penambahan dua kasus tersebut, total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Bangka Selatan sebanyak 52 kasus dengan rincian 17 dalam perawatan, 34 sembuh dan 1 meninggal.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button