BANGKA SELATANNEWS

Warga Nelayan Pastikan Uang Sumbangan TI Tungau untuk Pembangunan TPA

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Ketua RT 01 RW 02 Jalan Nelayan Kelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali, Samsul mengatakan, sumbangan dari aktivitas penambangan TI Tungau di perairan setempat dipastikan untuk pembangunan TPA Al-Iman yang berada di wilayah mereka.

Pungutan sumbangan itu kata Samsul dilakukan berdasarkan kesepakatan hasil musyawarah warga RT 01 RW 02 Jalan Nelayan, Kelurahan Tanjung Ketapang dimana masyarakat setuju dengan adanya aktivitas penambangan TI Tungau, namun bagi pemilik yang berasal dari luar wilayah Jalan Nelayan tersebut diminta untuk berkontribusi membantu pembangunan TPA Al-Iman yang berlokasi di setempat.

“Sebelumnya kita sudah melakukan musyarawah bersama terkait dengan aktivitas TI Tungau. hasil musyawarah bersama warga sepakat menyetujui adanya aktivitas TI Tungau di daerah kami. bagi pemilik TI Tungau dari luar wilayah kami diminta untuk berkontribusi membantu pembangunan TPA. Kemudian hasil musyawarah sepakat meminta bantuan saudara Arok untuk menyampaikan kepada pemilik TI tungau yang mau beroperasi diwilayah kami agar bisa membantu pembangunan TPA tersebut,” ujar Samsul kepada wartawan, Kamis 31 Desember 2020.

Ia menuturkan, bahwa uang yang disumbangkan oleh para penambang TI Tungau yang melakukan aktivitas di Laut Nelayan murni untuk pembangunan gedung TPA yang sudah sejak empat tahun terakhir belum terbangun, bahkan pondasi untuk gedung TPA ini sudah berjamur atau berlumut seperti kondisi saat ini.

“Jadi terkait dengan uang yang dipungut berupa sumbangan dari penambang langsung masuk ke rekening TPA bukan masuk ke kantong pribadi. Kita masyarakat di sini hanya memanfaatkan sumber daya yang ada di Nelayan ini untuk pembangunan gedung TPA agar bisa segera dibangun,” ujar dia.

Sementara itu, Bendahara TPA Al-Iman, Tya membenarkan bahwa ada sumbangan dari penambang tungau untuk membantu pembangunan gedung TPA Al-Iman.

“Sumbangan dari penambang ini tidak ada patokan dalam artian seikhlasnya, karena ini sifatnya sumbangan untuk pembangunan TPA, jadi langsung masuk ke rekening TPA, dan rekeningnya pun atas nama TPA Al-Iman bukan atas nama pribadi dan para penambang tidak ada yang dipaksa. sampai saat ini sudah terkumpul Rp 99 juta,” ujar dia.

Penulis: Rusdi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button