LENSA KESEHATANNEWS

Vaksin Covid-19 Sudah Teruji di Turki dan Brazil, Masyarakat Babel Diminta Tidak Khawatir

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Proses vaksinasi Covid-19 gelombang pertama Bangka Belitung tidak lama lagi akan dilakukan. Meski saat ini dikhususkan untuk tenaga kesehatan hingga pejabat publik, nanti secara bertahap masyarakat juga akan ikut divaksin.

Juru Bicara Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bangka Belitung Bangun Cahyo Utomo mengatakan masyarakat tidak perlu lagi khawatir terkait vaksinasi karena vaksin sangat diperlukan bagi masyarakat.

“Jadi kalau kita divaksin, bukan untuk kita sendiri tapi juga keluarga dan lingkungan sekitar kita. Kemudian soal keamanan dan keselamatan, vaksin sudah melalui uji klinis dan uji laboratorium yang sangat ketat,” ujar Bangun kepada Lensabangkabelitung.com, Senin, 11 Januari 2021.

Bangun menuturkan vaksin Covid-19 untuk Bangka Belitung sudah diujicobakan di Turki, Brazil. Efektivitas vaksin tersebut, kata dia, sampai 91 persen sehingga tidak ada efek yang berbahaya yang ditimbulkan.

“Untuk di Indonesia sendiri kita menunjuk uji klinis fase ketiga. Tapi selama ini tidak ada keluhan atau kendala sehingga dipastikan keamanannya,” ujar dia.

Bangun menyampaikan bahwa ada kriteria yang sudah ditetapkan bagi penerima vaksin, mulai dari usia hingga ada atau tidaknya penyakit komorbid.

“Kriteria yang divaksin usia 18-59 tahun. Kemudian setelah itu ada pemeriksaan apakah punya faktor resiko atau tidak. Lalu penyakit komorbid seperti apa. Misalnya dia punya diabetes, dicek dikontrol atau tidak terkontrol. Kalau terkontrol masih bisa diakomodir. Begitu juga hipertensi terkontrol atau tidak. Jadi tidak benar kalau hipertensi tidak bisa divaksin. Masih bisa divaksin asal terkontrol. Jadi diperiksa dulu,” ujar dia.

Usai dilakukan penyuntikan vaksin, kata Bangun, penerima vaksin harus menunggu selama 30 menit untuk melihat apakah ada reaksi terhadap vaksin yang diberikan.

“Biasanya reaksi alergi muncul di 30 menit pertama sehingga perlu dipantau. Setelah dipantau 30 menit tidak ada masalah maka baru boleh pulang. Jadi bukan hanya vaksin Covid-19 saja. Tapi semua vaksin memang harus menunggu dulu karena reaksi alergi terhadap tubuh manusia tidak sama sehingga ada waktu tunggu 30 menit,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button