BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANNEWS

Total 1088 Tenaga Kesehatan di Bangka Selatan yang Akan Divaksin

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Sebanyak 1.088 tenaga kesehatan di Kabupaten Bangka Selatan akan dilakukan vaksinasi program imunisasi untuk penanggulangan Covid-19 dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Selatan, Supriyadi mengatakan vaksin diberikan untuk membentuk kekebalan dan imunitas tenaga kesehatan sebagai pelayanan publik garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Pemberian vaksin akan dilakukan dua siklus. Setelah siklus pertama, selanjutnya siklus kedua diberikan setelah 14 hari kepada orang yang sama setelah dilakukan vaksin pada tahap pertama,” ujar Supriyadi kepada wartawan, Selasa, 26 Januari 2021.

Setelah mendapat vaksin, kata Supriyadi, penerima akan mendapatkan bukti fisik berupa surat keterangan bahwa yang bersangkutan sudah mendapatkan vaksin.

“Jadi akan ada kartu yang diberikan kepada masing-masing individu yang menerima vaksin ini,” ujar dia.

Ia menuturkan, vaksin bukan merupakan obat, namun hanya sebagai bentuk pemberian kekebalan di dalam tubuh, dengan harapan tubuh si penerima vaksin ini bisa memberikan respon sehingga terbentuk kekebalan di dalam tubuh.

“Ketika diberikan vaksin ini harapannya kita menjadi kebal dengan virus yang sama, ketika kita terpapar, tubuh kita bisa melawan virus itu sehingga tidak timbul gejala. Namun demikian, jangan setelah menerima vaksin kita jadi lalai dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Prokotol kesehatan harus tetap dipatuhi,” ujar dia.

Perlu diketahui, hari ini Dinas Kesehatan Bangka Selatan telah menerima 2.240 vaksin yang akan diberikan kepada tenaga kesehatan se-Bangka Selatan. Selain vaksin Dinkes juga menerima tiga item lain yakni Alcohon Swans sebanyak 4.480, Auto Disable Syringe (ADS) 0,5 ml berjumlah 2.360, dan Safety Box 5 liter sebanyak 23.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button