BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANNEWS

Terima 2.240 Dosis, Vaksinasi Bangka Selatan Dimulai Kamis

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan menerima bantuan vaksin dan perbekalan kesehatan (Perbekkes) program imunisasi untuk penanggulangan Covid-19 dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Selatan Supriyadi mengatakan terdapat empat item yang diterima untuk program imunisasi yakni CoronaVac, Alcohol Swans, Auto Disable Syringe (ADS) 0,5 ml dan Safety Box 5 liter.

Lebih rinci Supriyadi menyebutkan, untuk jumlah vaksin (CoronaVac) yang diterima berjumlah 2.240, Alcohon Swans sebanyak 4.480, Auto Disable Syringe (ADS) 0,5 ml berjumlah 2.360, dan Safety Box 5 liter sebanyak 23.

“Hari ini kita telah menerima bantuan vaksin dari pemerintah pusat untuk tenaga kesehatan. Vaksin yang diterima ini langsung disimpan di dalam Cold Chain di gudang farmasi kita, dan akan dijaga oleh aparat keamanan dari TNI/Polri,” ujar Supriyadi kepada wartawan, Selasa, 26 Januari 2021.

Ia menuturkan, vaksin diterima akan didistribusikan ke Puskes pada Rabu besok agar tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19  bisa segera menerima vaksinasi.

“Dan pada Kamis nanti awal louncing rencana vaksinasi di Kabupaten Bangka Selatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangka Selatan,” ujar dia.

Ia menambahkan, untuk perwakilan dari forkopimda aka diwakili dengan 10 orang yang terdiri dari Sekda Kabupaten Bangka Selatan yang mewakili Bupati Bangka Selatan, Kapolres, Perwira Penghubung, Kajari Basel, Kepala Dinkes, Kapala Kemenang, Ketua MUI, ketua NU, dan juga direktur rumah sakit umum daerah Bangka Selatan.

“Sebelum vaksin ini diberikan kepada tenaga kesehatan maupun kepada Forkopimda akan dilakukan screening terlebih dulu kepada si penerima oleh dokter di rumah sakit, agar tidak terjadi timbul kejadian pasca imunisasi,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button