NEWS

Ratusan Rumah di Enam Wilayah di Babel Terendam Banjir

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Hujan deras disertai pasangnya air laut mengakibatkan ratusan rumah di Bangka Belitung terendam banjir. Total banjir menggenangi wilayah di lima kabupaten dan satu kota.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung Mikron Antariksa mengatakan daerah yang mengalami banjir tersebut adalah Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menangani banjir, baik itu BPBD hingga Dinas Pekerjaan Umun. Kita juga memberikan bantuan makanan siap saji bagi masyarakat yang menjadi korban banjir,” Mikron kepada wartawan, Rabu, 13 Januari 2021.

Mikron menuturkan Kota Pangkalpinang menjadi daerah dengan titik banjir paling banyak karena merendam 345 rumah. Banjir terjadi di RT 006 RW 002 Kelurahan Pasir Putih, RT 007 RW 002 dan RT 08 RW 02 di Kelurahan Gedung Nasional serta RT 08 RW 03 Kelurahan Rejosari.

“Sedangkan wilayah lain terjadi banjir rob di Kawasan Pantai Pasir Padi, Opas Indah dan Kecamatan Pangkalbalam,” ujar dia.

Untuk Kabupaten Bangka, kata Mikron, terdapat enam titik banjir dengan ketinggian 60 sentimeter hingga satu meter yakni di Lingkungan Air Hanyut, Parit Pekir, Sri Menanti, Kampung Jawa, Kampung Nelayan I dan Kampung Nelayan II.

“Di Kabupaten Bangka, sebanyak 78 rumah terendam dan ada 154 rumah yang ikut terdampak banjir. Ketinggian air bervariasi dan masih relatif aman,” ujar dia.

Mikron menuturkan di Kabupaten Bangka Barat ada satu daerah yang mengalami banjir rob yakni di Dusun Pala Desa Teluk Limau Kecamatan Parit Tiga.

“Sedangkan di Kabupaten Bangka Tengah ada tiga daerah yang mengalami banjir yakni Guntung Kecamatan Koba, TPI Batu Belubang Kecamatan Pangkalan Baru dan Arung Dalam,” ujar dia.

Untuk Pulau Belitung, kata Mikron, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur turut mengalami banjir rob hingga menyebabkan genangan air hingga ke pemukiman penduduk.

“Untuk Kabupaten Belitung banjir rob terjadi di Desa Baru Kecamatan Manggar. Sedangkan di Kabupaten Belitung banjir rob melanda daerah Tanjung Pendam, Kelurahan Parit, Kelurahan Kampung Damai dan Kelurahan Kota,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button