LENSA KESEHATANNEWS

Penerima Vaksin Covid-19 Babel Wajib Miliki E-Ticket, Begini Proses Mendapatkannya

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 12.661 orang dipastikan akan menerima vaksin Covid-19 tahap pertama. Meski sudah terdata, para penerima vaksin tidak langsung bisa divaksin karena masih ada syarat yang harus dipenuhi.

Juru Bicara Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bangka Belitung Bangun Cahyo Utomo mengatakan para penerima vaksin yang sudah terdata akan menerima pesan SMS dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Untuk pra pelaksanaan vaksinasi, para penerima vaksin akan menerima SMS dari Kominfo bahwa dia adalah penerima vaksinasi Covid-19. Setelah itu mereka wajib mengisi formulir data melalui aplikasi Peduli Lindungi,” ujar Bangun kepada Lensabangkabelitung.com, Senin, 11 Januari 2021.

Bangun menuturkan para penerima vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi selain registrasi data juga akan memilih tanggal dan pusat pelayanan kesehatan yang mana untuk melakukan vaksin.

“Setelah itu dia akan mendapat E-Ticket atau elektronik tiket. Lalu sesuai dengan tanggal yang dijadwalkan dan dipilih, penerima vaksin akan datang ke fasilitas kesehatan yang dipilih dengan menunjukkan E-Ticket. Lalu E-Ticket dibarcode dan akan muncul disistem nama, alamat, dan data lainnya. Jadi sebelum ke fasilitas kesehatan dia harus punya E-Ticket terlebih dahulu,” ujar dia.

Menurut Bangun, untuk gelombang pertama ada 300 vaksinator yang diberikan pelatihan untuk vaksinasi perdana nanti. Sedangkan untuk pelatihan vaksinator gelombang kedua, kata Bangun, akan dilakukan pada 17 Januari 2021.

“Untuk pelatihan vaksinator gelombang pertama ini tidak ada kendala pelaksanaan pelatihannya dari hari pertama hari ini sampai tanggal 13 Januari 2021. Alhamdulillah lancar semua sejauh ini,” ujar dia.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana Bangka Belitung akan digelar di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Dr Soekarno pada, Jumat, 15 Januari 2021. Total ada 12.661 penerima vaksin yang sudah didata dan akan dilakukan vaksinasi pada gelombang pertama.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button