NEWSPANGKALPINANG

Pemkot Pangkalpinang Kerja Ekstra Keras Atasi Banjir

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Musibah banjir maupun genangan air yang masih sering terjadi, menuntun Pemerintah Kota Pangkalpinang bekerja ekstra keras. Dinas Pekerjaan Umum melalui Bidang Sumber Daya Air langsung turun membenahi titik-titik terjadinya sumbatan aliran air.

Selain sedimentasi, sampah limbah rumah tangga dari warga yang kurang disiplin menjaga lingkungan, turut menjadi penyebab aliran air tersumbat. Tim pun turun mengangkat material sampah.

“Alhamdulillah, pagi ini PU melalui bidang SDA, bergerak mengangkat sampah dan sedimen untuk menormalisasi di beberapa titik genangan kemarin, melanjutkan normalisasi di saluran Linggarjati pada bulan Juni 2020. Selama kurun waktu sekitar 7 bulan laju sedimentasi mencapai sekitar 50 cm,” tutur Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Rabu, 27 Januari 2021.

Berpacu dengan cuaca dan iklim ekstrem yang tak menentu, Wali Kota pun mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan bekerja sama dalam mengatasi musibah banjir.

“Semoga kita semua diberi kekuatan kesehatan dalam menjalani tugas dan tanggung jawab ini. Semoga Allah menjaga kita semua dari bencana dan malapetaka,” ujar Maulan Aklil.

Diketahui secara geografis posisi Kota Pangkalpinang berada di dataran rendah yang tingginya hanya beberapa meter saja dari permukaan laut. Karena itu, di saat bersamaan air laut pasang tinggi dan hujan lebat, bisa memicu terjadinya banjir.

Di tengah kondisi keuangan yang defisit karena konsentrasi keuangan banyak diarahkan untuk menangani pandemi Covid-19, Wali Kota juga menegaskan kalau segala keterbatasan itu tak membuat Pemkot Pangkalpinang berpasrah. Segala upaya pun dikerahkan.

“Izinkan kami bekerja, masyarakat yang terkena dampak derasnya curah hujan dan tinggi pasang laut mohon bersabar, sekuat tenaga saya bersama kawan-kawan dan dukungan masyarakat akan berjibaku mengurangi meluapnya air ini,” tutur Maulan Aklil.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button