NEWS

Pasien Lama Menunggu Hasil Pemeriksaan Swab di Labkesda Babel, Ini Penyebabnya

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sejumlah masyarakat yang terindikasi Covid-19 mengeluhkan lamanya waktu menunggu hasil pemeriksaan Swab di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Bangka Belitung. Bahkan ada masyarakat yang mengaku mulai khawatir terkait persoalan tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Labkesda Bangka Belitung dr Astrid mengatakan keterlambatan dikarenakan stok reagen yang dibutuhkan untuk pemeriksaan swab masih dalam proses pengadaan.

“Anggaran 2021 baru berjalan. Belum berjalan malahan. Minggu lalu Gubernur sudah berinisiatif menggunakan dana taktis yang ada di Bakuda untuk segera melakukan membantu pengadaan reagen,” ujar Astrid kepada wartawan, Kamis, 28 Januari 2021.

Pengadaan reagen dengan dana taktis, kata Astrid, kemungkinan juga tidak banyak jumlahnya mengingat dana taktis terbatas diawal tahun.

“Kita sekarang sedang dalam pengadaan. Jadi beli dulu untuk mengejar macetnya pemeriksaan sampel. Tapi karena ini masih awal tahun, dana terbatas sehingga pembelian reagen tidak banyak,” ujar dia.

Menurut Astrid, sampel swab yang telah masuk di Labkesda tetap disimpan dan tetap dikerjakan namun disesuaikan dengan antrian. Prioritas pemeriksaan swab, kata dia, hanya untuk pasien yang bergejala berat.

“Prioritas juga untuk kasus tertentu yang membutuhkan penanganan cepat baru bisa. Kalau tidak, kita tetap sesuai dengan antrian. Sampel tetap disimpan karena kita menjaga suhunya agar tetap stabil,” ujar dia.

Astrid menambahkan pihaknya hanya menerima sampel swab kiriman dari kabupaten dan kota. Kalau untuk menginformasikan soal hasil ke pasien, kata Astrid, bukan menjadi kewenangan pihaknya.

“Jadi informasi ke pasien tugasnya kabupaten kota di fasilitas kesehatan yang mengambil swabnya. Yang penting kabupaten kota sudah mengetahui kondisi Labkesda provinsi seperti apa,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button