NEWS

Mulai Senin Satgas Covid-19 Babar Razia, Ada Denda Bagi Pelanggar Prokes

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Satgas Covid-19 Bangka Barat mengungkapkan akan melaksanakan operasi yustisi ke tempat-tempat umum seperti di pasar dan lain-lain pada hari Senin, 18 Januari 2021. Hak ini dilakukan, terkait dengan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta tidak melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan dengan tujuan yang menurut pertimbangan tidak terlalu urgen.

“Terkait dengan surat edaran Gubernur Bangka Belitung tentang pemberlakuan denda sanksi sosial dan denda untuk penegakan adaptasi kebiasaan baru, dan ini sudah diatur sedemikian rupa oleh bapak gubernur dalam surat edaran tentang administrasi,” kata Sidarta Gautama, Sabtu malam, 16 Januari 2021.

“Jadi jangan sampai nanti masyarakat kita pun terkejut kemarin tidak didenda kenapa sekarang didenda, karena memang sudah diberlakukan surat edaran gubernur per tanggal hari ini,” tambahnya.

Sidarta menjelaskan, hal ini diberlakukan mungkin karena situasi dan kondisi sudah semakin memburuk berdasarkan kajian dari kawan-kawan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kemudian hal itu dijadikan masukan kepada bapak Gubernur, dan juga memang beberapa daerah di luar Bangka Belitung sudah memberlakukan itu demi untuk melindungi masyarakatnya.

“Mungkin kita akan pertegas lagi bagaimana pengaturan teknisnya di kabupaten Bangka Barat berdasarkan surat edaran itu, yang jelas saat ini gubernur mengatur ada sanksi sosial dan ada sanksi administrasi, sanksi administrasi itu dalam bentuk denda,” jelas Sidarta Gautama.

Terkait formula sanksi sosial dan besaran denda masih dalam kajian BPBD, menurut Sidarta akan berbeda untuk setiap pelanggarannya.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button