BELITUNGNEWS

Koperatif, Pihak Keluarga Lapor Keberadaan Napi yang Kabur dari Lapas Tanjungpandan

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Pelarian Angga, 21 tahun dan Burhanudin akhirnya berakhir. Dua napi yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Tanjungpandan pada Minggu siang, 17 Januari 2021 lalu berhasil diringkus tim gabungan dari Lapas bersama pihak Kepolisian Sektor Dendang, Selasa subuh, 18 Januari 2021.

Terendusnya keberadaan napi kabur itu berkat sikap kooperatif dari Nopis, kakak kandung Angga, yang ikut mencari dan melaporkan posisi dari napi yang kabur dengan cara memanjat dinding pagar penjara menggunakan kain sarung yang diikat itu.

“Jam setengah tiga Nopis mendapat telepon dari Angga yang mengatakan bahwa Angga minta tolong dijemput di daerah Air Malik, Membalong. Setelah itu Nopis melaporkan ke anggota Lapas Tanjungpandan,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Belitung Timur, Ajun Komisaris Ghalih Widyo Nugroho dihubungi Lensabangkabelitung.com, Selasa, 19 Januari 2021.

Lanjut Kasat, setelah mendapat informasi tersebut anggota Lapas Tanjung Pandan meminta tolong kepada anggota Kepolisan Sektor Dendang untuk ikut dan mem back up Nopis untuk penjemputan Angga.

“Untuk keamanan. Yang bersangkutan saudara Nopis juga warga dari Simpang Pesak jadi di Back Up,” jelasnya.

Dilanjutkan Ghalih, Nopis dan tim sudah sepakat merencanakan penangkapan dengan cara anggota menunggu beberapa kilometer dari lokasi penjemputan Angga dan Burhanudin. Namun beberapa meter dekat titik kumpul anggota, dua napi tersebut curiga turun dari motor dan kabur menuju ke area hutan.

“Anggota Lapas dan anggota Polsek Dendang melakukan penyisiran ke dalam hutan tersebut. Dua napi itu berhasil ditangkap sekitar pukul 04:30 WIB,” tambahnya.

Secara terpisah Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, Romowin Hutasoit memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk pihak Kepolisian dan jajarannya atas upaya dan kerja keras yang dilakukan.

“Kami juga mengapresiasi atas dukungan sinergitas yang solid antara Lapas dan Polri dalam upaya pengejaran kedua WBP,” ujarnya

Saat ini, kedua warga binaan pemsyarakatan yang kabur tersebut sudah berada di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dan ditempatkan di ruangan isolasi yang terpisah dari warga binaan lainnya.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button