BANGKA SELATANNEWS

Jumat Ini Babel Perdana Vaksinasi Covid-19, Ada 12.661 Orang Penerima

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 12.661 orang tercatat sebagai penerima vaksin Covid-19 perdana untuk wilayah Bangka Belitung. Pelaksanan vaksinasi perdana tersebut akan digelar di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Soekarno pada Jumat 15 Januari 2021.

Juru Bicara Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bangka Belitung, Bangun Cahyo Utomo mengatakan persiapan vaksinasi sudah dilakukan dengan menetapkan vaksinator di RSUP Soekarno.

“Persiapan vaksinasi untuk kick off rencana dilaksanakan tanggal 15 Januari 2021. Sekarang sudah ada vaksinator di RSUP Soekarno. Sudah diberikan pelatihan untuk vaksinator,” ujar Bangun kepada Lensabangkabelitung.com, Senin, 11 Januari 2021.

Bangun menuturkan untuk gelombang pertama ada 300 vaksinator yang diberkan pelatihan untuk vaksinasi perdana nanti. Sedangkan untuk pelatihan vaksinator gelombang kedua, kata Bangun, akan dilakukan pada 17 Januari 2021.

“Untuk pelatihan vaksinator gelombang pertama ini tidak ada kendala pelaksanaan pelatihannya dari hari pertama hari ini sampai tanggal 13 Januari 2021. Alhamdulillah lancar semua sejauh ini,” ujar dia.

Menurut Bangun, untuk data penerima vaksin pertama sudah ada karena sudah masuk dalam sistem informasi data kesehatan.

“Jadi semua tenaga kesehatan dan penunjang kesehatan itu sebagai sasarannya. Ada sekitar 12.661 penerima vaksin tahap awal,” ujar dia.

Bangun menambahkan RSUP Soekarno hanya fasilitas kesehatan untuk vaksinasi perdana saja. Nanti untuk gelombang kedua dan seterusnya vaksinasi sudah bisa dilakukan di puskesmas.

“Untuk keseluruhan ada 60 Puskesmas di Bangka Belitung. Sekarang ini dilatih tenaga dari 60 puskesmas tempat pelaksanaan vaksinasi terus. Jadi ada tempat vaksinasi dan tempat layanan vaksinasi,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button