NEWS

Jelang Vaksinasi Covid-19 Babel, Begini SOP yang Wajib Dipenuhi Penerima

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Proses vaksinasi Covid-19 di Bangka Belitung akan dilaksanakan pada Jumat, 15 Januari 2021. Total ada 12.661 penerima vaksin yang sudah terdata pada gelombang pertama vaksinasi.

Juru Bicara Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bangka Belitung Bangun Cahyo Utomo mengatakan ada sejumlah Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dilalui para penerima sebelum divaksin.

“Untuk SOP penerima vaksin dalam pelaksanaanya nanti akan ada empat meja, di mana meja pertama untuk pendaftaran, meja kedua untuk screening, meja ketiga untuk penyuntikan kemudian meja keempat untuk dilakukan pencatatan laporan sambil menunggu,” ujar Bangun kepada Lensabangkabelitung.com, Senin, 11 Januari 2021.

Usai mendaftar dan registrasi di meja pertama, kata Bangun, penerima pasien di meja kedua akan diperiksa apakah masuk kriteria sebagai penerima vaksin atau tidak.

“Jika masuk kriteria kemudian dilakukan pemeriksaan dan vaksinasi di meja ketiga. Setelah itu menunggu di meja keempat. Jadi setelah divaksin sambil dicatat menunggu selama 30 menit untuk dipantau ada kendala atau tidak. Setelah 30 menit tidak ada kendala, baru penerima vaksin bisa pulang,” ujar dia.

Bangun menambahkan hingga saat ini penerima vaksin Covid-19 yang terdata belum ada yang menolak atau ragu untuk menerima vaksin. Bahkan untuk Bangka Belitung, kata dia, penerima vaksin cukup antusias.

“Tenaga kesehatan kita semangat menerima vaksinasi karena mereka sebagai orang yang berhadapan dengan orang terpapar Covid-19. Sehingga menerima dan bersedia divaksin. Dan dari organisasi profesi baik IDI, PPNI dan lainnya juga semuanya mendukung terkait kegiatan vaksinasi,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button