NEWS

Jelang Big Match Liverpool-MU, Satgas Covid-19 Babel Berpesan: Tak Boleh Nobar

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pesan masuk ajakan nonton bareng, kerap mampir ke suporter Liverpool di Bangka, jelang laga big match Liverpool kontra Manchester United. Sumber pengirimnya sama, berasal dari fans Manchester United yang isi pesannya kurang lebih senada: mengajak nonton bareng. Laga Si Merah versus Setan Merah memang akan tersaji pada Minggu malam, 17 Januari 2021, mulai pukul 23.30 WIB.

Menurut Yanuar, salah seorang member BIGREDS atau kelompok suporter Liverpool, ajakan nonton bareng dari kawan-kawannya para fans Manchester United di Bangka, sudah lama tak didengar. Persisnya, ketika dalam beberapa tahun belakangan, persaingan pucuk pimpinan teratas Liga Inggris kerap mempertemukan balapan antara Liverpool dengan tetangganya United, Manchester City. Maka, ketika mendapati ajakan nonton bareng dari fans MU, menjadi sesuatu yang mereka rasakan langka di saat ini.

Setelah sekian lama berkutat di papan tengah, musim ini memang membawa angin segar bagi fans Manchester United. Tepatnya beberapa hari lalu, pada laga pekan ke-17, MU bisa menyalip Liverpool di puncak klasemen, dengan selisih tiga poin bersih. Situasi yang sudah jarang terjadi dalam beberapa musim terakhir.

“Sebenarnya seru sih, karena sudah lama tim kita Liverpool enggak saing-saingan sama MU, biasanya selalu sama City. Tumben juga, kawan-kawan fans sebelah ini, jadi semangat banget ngajak nobar. Sudah jarang dapat ajakan gini dari mereka. Cuma, jadi dilema juga untuk bisa bareng nobar. Suasana lagi kayak gini, pandemi,” ujar Yanuar, Minggu, 17 Januari 2021.

Karena itu, lanjut dia, di tengah situasi pandemi saat ini, ajang nonton bareng, menjadi sesuatu yang riskan. “Mohon maaf, ajakan nobar untuk kumpul ramai-ramai, tak bisa kita penuhi,” ujar dia.

Terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Budi Prayitno, juga menyadari akan adanya potensi kerumunan dari penggila bola ketika menyaksikan tim atau klub kesayangannya bertanding. Apalagi dalam even nonton bareng laga big match yang pastinya akan menjadi area orang berkerumun.

Dia pun mengapresiasi, atas pilihan suporter Liverpool dengan tak kumpul-kumpul dalam nonton bareng.

Dikatakannya, meski menggunakan masker dan tetap menjaga jarak saat nobar, namun tetap menjadi tantangan dan hal yang dilematis. Demi menjaga diri dan kewaspadaan dari penularan virus Corona, maka protokol kesehatan tetap dilakukan dan tidak diabaikan. Sebab, tegas dia, tidak tahu di antara orang-orang yang berkumpul dan berkerumun boleh jadi ada yang membawa virus Corona, dan berpotensi menularkan kepada orang lain yang ada di sekitar atau di sekeliling.

“Untuk itu, kami mengimbau dan menyarankan kepada para fans dan penggila bola di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kiranya akan lebih baik bila menyaksikan tim atau klub kesayangannya berlaga dengan aplikasi yang tersedia baik yang berbayar maupun yang gratis melalui platform digital di rumah masing-masing,” ujar Andi Budi memberi saran.

Dengan situasi angka kasus positif Covid-19 yang terus meningkat di Bangka Belitung, pilihan tak ada nonton bareng untuk mencegah terjadinya klaster baru, mutlak dilakukan.

“Keseruan menyaksikan serta mendukung tim atau klub jagoan bertanding dan bisa mengalahkan “musuh bebuyutan” memang mengasyikkan dan menjadi sensasi yang berbeda, namun menjaga kesehatan diri juga adalah hal yang lebih penting dan berharga,” pungkas dia.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button