LENSA POLITIKNEWS

Golkar Babel Belum Usulkan Haryanto Sebagai Pengganti Algafry di DPRD

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung tinggal menyisakan Partai Golongan Karya (Golkar) yang belum mengajukan pengganti Algafry Rahman yang maju di Pilkada Bangka Tengah 2020.

Sebelumnya ada tujuh anggota DPRD yang akan dilakukan proses PAW dengan dasar maju di pilkada dan meninggal dunia. Ketujuh orang tersebut adalah Bong Ming Ming dari PKS, Sukirman dari Partai Nasdem, Aditya dari Partai Demokrat, M Yunus dari PPP, Algafry Rahman dari Partai Golkar, dan dua orang dari PDIP, yakni Rina Tarol dan Didit Sri Gusjaya.

Berdasarkan usulan, Bong Ming Ming digantikan oleh Ringgit Kecubung, Rina Tarol digantikan Susi, Didit Sri Gusjaya digantikan Evi Junita, Sukirman digantikan Mansyah, Aditya digantikan Edi Junaidi, M Yunus digantikan Warkamni, dan Algafry Rahman digantikan Haryanto alias Acen sebagai peraih suara terbanyak setelah Algafry.

Sekretaris DPRD Bangka Belitung Muhammad Haris mengatakan dari ketujuh anggota DPRD yang di-PAW tersebut baru Bong Ming Ming yang sudah resmi di-PAW dengan pengganti Ringgit Kecubung.

“Untuk Ringgit Kecubung sebagai pengganti Bong Ming Ming sudah dilantik sebagai anggota DPRD Bangka Belitung beberapa waktu lalu,” ujar Haris kepada Lensabangkabelitung.com, Selasa, 26 Januari 2021.

Haris menuturkan untuk saat ini pihaknya melalui Gubernur sudah mengirimkan berkas PAW kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan sedang menunggu proses penerbitan Surat Keputusan (SK).

“Yang sedang dalam proses penerbitan SK di Kemendagri adalah Susi, Evi Junita, Mansyah, Edi Junaidi dan Warkamni,” ujar dia.

Sedangkan untuk nama Haryanto alias Acen sebagai pengganti Algafry, kata Haris, belum bisa diproses pihaknya karena belum ada berkas usulan PAW yang masuk.

“Untuk (pengganti) Algafry, belum diusulkan oleh partai,” ujar dia.

Sementara, terkait posisi belum masuknya nama Haryanto sebagai pengganti Algafry, sedang dalam upaya konfirmasi kepada DPD I Partai Golkar Bangka Belitung. Konfirmasi kepada Sekretaris DPD Golkar Bangka Belitung Eddy Iskandar belum diterima karena saat dihubungi sedang melaksanakan rapat.

Dalam rekapitulasi suara yang dikutip di laman KPU Bangka Belitung, Algafry Rahman adalah peraih suara terbanyak Pemilu Legislatif daerah pemilihan Bangka Tengah dengan 7274 suara. Lalu, diikuti suara terbanyak kedua oleh Haryanto dengan 6036 suara. Ini berarti hampir pasti Haryanto akan menggantikan Algafry di DPRD Bangka Belitung.

Adik kandung Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman yakni Erlansyah Roskar cuma duduk di posisi ketiga dengan 2541 suara. Cukup jauh selisih suara dari Haryanto. Lalu di peringkat empat ada Arnarita dengan 364 suara dan Zuniar di peringkat kelima dengan raihan 280 suara.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button