LENSA POLITIKNEWS

Empat Pilkada di Babel Lancar, Minus Beltim yang Dapat Atensi Khusus

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Melakukan kegiatan reses di daerah pemilihannya Bangka Belitung, Anggota DPR RI Bambang Patijaya memanfaatkan dengan melakukan kunjungan kerja ke Kantor KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dalam pertemuan Anggota Komisi II DPR RI bersama para komisioner KPU Babel itu, membahas dan mengevaluasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 lalu.

Pertemuan bersama Bambang Patijaya yang berlangsung Senin, 4 Januari 2021, dipimpin langsung oleh Ketua KPU Babel Davitri, dan dihadiri lengkap oleh empat komisioner KPU Babel, yakni Fahrurozi, Deni, Pudjiarti dan Guid Cardi.

Diketahui, di Bangka Belitung ada empat kabupaten yang ikut dalam perhelatan Pilkada Serentak lalu. Terdiri dari, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Belitung Timur.

Kepada komisioner KPU Provinsi Babel, Bambang Patijaya menyampaikan tiga hal pokok yang menjadi indikator kesuksesan jalannya Pilkada Serentak. Pertama, kelancaran pada tiap-tiap tahapan pada pelaksanaan Pilkada, baik dari masa pendaftaran, kampanye, pencoblosan, rekapitulasi, dan penetapan hasil pilkada.

“Saya nilai secara umum berjalan dengan baik dan lancar dengan beberapa catatan yang menjadi atensi Komisi II, khususnya di Pilkada Beltim,” ujar Bambang Patijaya.

Indikator kedua pada aspek kesuksesan Pilkada Serentak, lanjut Bambang Patijaya, adalah pada tingkat partisipasi masyarakat. KPU RI memberi target partisipasi 77,5 persen, dan untuk di Babel pada empat pilkada secara rata-rata mencapai 76,06 persen, meleset sedikit dari target nasional.

“Capaian ini juga saya apresiasi karena hanya selisih sedikit dari target nasional, namun jauh melampaui capaian partisipasi masyarakat di pilkada sebelumnya yg hanya sekitar 65 persen,” tutur Bambang Patijaya.

Indikator ketiga, yakni aspek keamanan, kesehatan dan keselamatan dari penyelenggara, masyarakat dan paslon selama mengikuti semua tahapan pilkada.

“Saya menilai hal ini juga berjalan dengan baik, protokol kesehatan mampu dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat terhindar dari kekhawatiran yang menduga bahwa pilkada dapat menjadi kluster baru Covid-19,” ungkap Bambang Patijaya.

Selain itu, dalam pertemuan Bambang Patijaya bersama Komisioner KPU Babel ini, juga membahas beberapa issue penting sehubungan dengan data pemilih berkelanjutan, pelaksanaan Pilkada ke depan dan poin-poin penting pada RUU Pemilu yang sedang digarap di Komisi II DPR RI.

Bambang Patijaya juga menyerap beberapa aspirasi yang disampaikan oleh para Komisioner KPU Babel akibat perubahan dari UU Nomor 15 Thn 2011 ke UU Nomor 7 Thn 2017.

“Hasil dari pertemuan ini menjadi masukan bagi saya untuk disampaikan pada jajaran Komisi II DPR RI,” ujar Bambang Patijaya.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button