BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KESEHATANNEWS

Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Waspada dan Bawa Alat Keselamatan Saat Melaut

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto menghimbau kepada masyarakat Bangka Selatan yang bekerja di laut untuk lebih waspada saat melaut di tengah situasi cuaca yang buruk.

“Mencermati situasi cuaca saat ini, kita mendapat peringatan dari BMKG, dimana situasi cuaca selama tiga hari kedepan curah hujan tinggi, angin kencang, untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat terutama yang bekerja di laut, baik itu nelayan, penambang maupun transportasi untuk berhati-hati,” kata Kapolres AKBP Agus Siswanto kepada wartawan, Kamis, 14 Januari 2021.

Agus juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan melaut untuk membawa perlengkapan keselamatan seperti life jacket atau pelampung serta memastikan kapal dalam kondisi baik.

“Gunakan life jacket supaya untuk mengantisipasi apabila terjadi cuaca Buruk. Dan kita bekerjasama dengan TNI angkatan laut untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar berhati-hati dan lebih waspada dengan kondisi cuaca saat ini,” ujar dia.

Senada dengan Kapolres, Pasi Intel TNI Angkatan Laut, Mayor Laut Undang Rohana juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang melakukan aktivitas di laut untuk lebih waspada dengan kondisi cuaca yang ekstrem.

“Kondisi cuaca ekstrem ini dari BMKG sampai dengan pertengahan Februari, untuk itu kita minta nelayan agar lebih berhati-hati saat melaut dan memberi tahu kepada aparat dan masyarakat, sehingga aparat juga mengetahui kejadian di laut,” ujar dia.

Ia juga meminta kepada nelayan untuk mengecek kondisi mesin kapal dalam keadaan baik, serta membawa kelengkapan keselamatan seperti jaket pelampung.

“Semaksimal mungkin setidaknya mempunyai alat pelampung, jaga kondisi mesin, karena kalau mesin mati tiba-tiba datang gelombang besar tentu akan berbahaya. Dan salah satu yang penting laporan kepada petugas setempat,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button