NEWS

Berskala Nasional, Kontes Bonsai Akan Dihadirkan pada 5-7 Maret di Pangkalpinang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Bekerja sama dengan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI), Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar pameran dan kontes bonsai. Berlangsung pada 5-7 Maret 2021 mendatang, acara akan diselenggarakan di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang.

Penanggungjawab Pameran dan Kontes Bonsai, Brahm Pranata mengatakan kegiatan ini dihadirkan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat penghobi tanaman bonsai untuk berpartisipasi dengan memperlihatkan koleksi tanaman bonsainya.

Selain itu, tentu saja untuk mengenalkan beberapa pohon bonsai ciri khas Bangka Belitung yang mempunyai keelokan dan keunggulan tersendiri di kalangan kolektor bonsai.

“Daerah kita ini kan unggul dari segi bonsai dari pohon kingkit juga sapu-sapu. Ini ciri khas yang banyak diburu oleh kolektor luar,” ujar Brahm Pranata, Rabu, 27 Januari 2021.

Dia pun tak mau pameran dan kontes bonsai ini hanya sekali lewat, karena telah diagendakan sebagai event rutin yang secara kontinyu akan terus diselenggarakan. “Ini kelas regional tapi berskala nasional,” ujar dia.

Ketua Panitia Penyelenggara Pameran dan Kontes Bonsai, Syargi Budiman mengatakan pihaknya memberi waktu kepada calon peserta untuk segera melakukan pendaftaran.

“Kita ada pendaftaran secara online dan offline. Akan dibuka mulai tanggal 21 Februari dan akan berakhir tanggal 29 Februari. Lalu dilanjutkan secara offline atau di tempat langsung pada tanggal 1-2 Maret 2021,” ujar dia.

Untuk keperluan pendaftaran, lanjut dia, dapat menghubungi Hendra Junaidi di nomor telepon seluler 0812-7118-0905.

Untuk kontes, dikatakannya, tersedia lima kategori, yakni mame atau bonsai small, medium, large dan extra large, prospek umum bebas ukuran, prospek sapu-sapu atau kuncung bebas ukuran, dan ada kategori khusus ficus atau beringin bebas ukuran.

Untuk pemenang, tersedia hadiah berupa uang tunai berikut trophy dan piagam.

“Silakan kawan-kawan penghobi bonsai mempersiapkan diri, dan jangan lupa di saat pameran dan kontes nanti, kita tetap mengedepankan protokol kesehatan. Jadi kita bisa berkreasi dan tetap peduli kesehatan,” ujar Syargi.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button