BANGKA SELATANNEWS

Amankan Aktivitas PIP, 193 Personel Dikerahkan

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Sebanyak 193 personel TNI-Polri dikerahkan guna melakukan pengamanan aktivitas penambangan Ponton Isap Produksi (PIP) di perairan laut Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan dan penertiban aktivitas penambangan di perairan laut Toboali yakni di Nelayan, Tanjung Batu, Ketapang dan juga Sukadamai yang sudah diberikan izin.

“Di perairan laut Toboali ini sudah diberikan izin untuk melakukan penambangan baik menggunakan kapal isap produksi (KIP), maupun Ponton Isap Produksi (PIP) di IUP PT Timah. Sehingga kita melakukan pengamanan di sini. Pasukan sudah kita kirimkan untuk menjaga aktivitas penambangan,” ujar dia.

Ia menuturkan, para petugas hadir untuk meyakinkan situasi tetap kondusif dan hasil produksi dari aktivitas penambangan PIP yang merupakan mitra PT Timah tidak digelapkan atau dijual ke pihak lain.

“Kita berharap hasil tambang ini tidak kemana-mana, kalau emang ini milik PT Timah yang artinya milik negara harus kembali kepada PT Timah. Kita semua terbuka biar masyarakat tahu, media tahu dan semuanya tahu,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan menertibkan jika adanya penyimpangan dalam aktivitas penambangan yang dilakukan oleh mitra PT Timah.

Sementara itu, untuk tambang Tungau, kata Kapolra sampai sekarang tidak ada yang beroperasi karena belum ada Amdalnya, dan kajian Amdalnya lembaga lain yang berwenang untuk mengeluarkan itu.

“Sejauh ini tidak ada kajian AMDAL dan tidak dak ada izin resmi, maka tidak diizinkan aktivitas tambang Tungau untuk beroperasi. Jika ditemukan maka akan ditertibkan,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button