LENSA EKONOMINEWS

Selama Pilkada, Harga Emas Menurun di Pasaran

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Bertepatan pada pemilihan kepala daerah baik bupati dan gubernur secara serentak hari ini, Rabu 9 Desember 2020, ternyata harga emas hari ini pun mengalami penurunan meskipun tidak banyak, dan sebenarnya masih cenderung fluktuatif.

Pemilik Toko “PADA SUKA”, Awe mengatakan harga emas berbagai jenis sedikit menurun. Emas yang didominasi perhiasan itu turun terpantau sejak dua minggu terakhir.

“Ya turun, tapi cuma sedikit dan tida semua jenis emas,”kata Awe kepada lensabangkabelitung.com, di Bangka Trade Center (BTC) Pangkalpinang, Rabu, 9 Desember 2020.

Harga emas yang dijual tokonya secara khusus seharga Rp 259 ribu per gram, adapun untuk jenis Emas 24 karatan seharga Rp 280ribu per mata, jenis emas putih Rp 680ribu per gram, dan emas graman di harga Rp 380ribu per gram.

Lebih lanjut, ia mengakui belum mengetahui alasan penurunan tersebut namun biasanya harga turun tidak terlalu lama atau cukup fluktuatif sebab sangat bergantung pada nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Selain pengaruh dollar AS, dikatakannya harga emas juga sangat tergantung pada kondisi nasional, semisalnya per hari ini pemerintah pusat memutuskan untuk libur bersama khususnya bagi perusahaan – perusahaan tertentu, dan daerah yang sedang melaksanakan pilkada.

Dengan begitu, ungkap Awe menjadikan momentum libur bagi sebagian masyarakat dan tidak sedikit diantaranya berbelanja emas untuk berinvestasi.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button