NEWS

Ruang Isolasi Over Bed, Pemkab Bangka Berlakukan Mess Melati Sebagai Tambahan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra menyampaikan penambahan kasus positif Covid – 19 di Kabupaten Bangka yang diakibatkan transmisi lokal dan kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif sebelum–sebelumnya.

Saat ini jumlah pasien positif Covid–19 di Kabupaten Bangka berjumlah 408 orang denga terinci 293 orang telah dinyatakan sembuh sementara 115 orang sedang menjalani karantina di Rumah Sakit baik RSBT, RS Syafri Rahman, RS Eko Maulana, RS Depati Bahrin dan RS Ir Soekarno.

Di samping itu, lanjut Boy, per hari Minggu, 13 Desember 2020, terjadi penambahan pasien positif Covid–19, berjumlah 23 orang.

Dengan begitu sebaran kasus Covid–19 per Kecematan dapat diuraikan sebagai berikut, Sungailiat berjumlah 162 orang positif Covid–19, sembuh berjumlah 27 orang dan 35 orang lainnya masih dikarantina, untuk Pemali 61 dinyatakan Positif Covid–19, Merawang 27 positif Covid-19, 24 orang dinyatakan sembuh, dan 3 orang masih dikarantina mandiri, selanjutnya untuk Mendo Barat 72 dinyatakan positif Covid–19, Bakam 2 orang positif Covid–19, dan Belitung 29 orang Positif Covid–19, sementara 14 orang dinyatakan sembuh, dan Riau Silip 51 orang Positif Covid–19, dan 47 orang sembuh dan 4 orang masih dalam karantina.

“Jadi kecamatan tertinggi dalam terkonfirmasi positif atau peningkatannya sangat signifikan dalam seminggu ini adalah di Kecamatan Mendo Barat,” terangnya, Minggu, 13 Desember 2020.

Peningkatan jumlah pasien tersebut, kata Boy menyebabkan ruang isolasi mandiri di Diklat Provinsi Kepulaun Bangka Belitung dan Asrama Haji Provinsi Bangka Belitung menipis. Untuk mengantisipasi ledakan pasien positif Covid–19 berikutnya, Pemkab Bangka telah memberlakukan Mess Melati Sungailiat sebagai ruang isolasi tambahan.

“Upaya yang dilakukan oleh Kabupaten Bangka menyiapkan mess melati untuk pasien positif covid–19 selanjutnya,” ujarnya.

Adapun rincian penambahan kasus positif Covid-19 hari ini di Kecamatan Mendo Barat 15 untuk 14 orang di antaranya melalui klaster Kades Air Duren dan 1 klaster Nakes, di Kecamatan Riau Silip melalui 1 klaster Kantin PKM Riau Silip, di Kecamatan Sungailiat 4 orang yakni 1 klaster Nakes DH, 1 panti asuhan dan 2 transmisi lokal.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button