BANGKA BARATLENSA POLITIKNEWS

Pilkada Babar, Ada Surat Suara yang Belum Ditandatangani, Kalau Banyak Bisa PSU

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Setelah berkeliling TPS, Bawaslu Bangka Barat menemukan ada TPS yang sampah limbah sarung tangan yang digunakan untuk memenuhi protokol kesehatan tidak dibuang pada tempatnya.

“Masih kita temukan limbah coblos yaitu sarung tangan sekali pakai yang disediakan KPU itu tidak dibuang pada tempatnya, dan di TPS 2 Keranggan ini ya?, Malah kita temukan tidak menggunakan sarung tangan,” ujar Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Pahlevi, 9 Desember 2020.

Rio mengatakan, Bawaslu Bangka Barat berharap Pilkada ini sehat dan tidak menimbulkan kluster wabah. Hal itu seperti sepele tapi sebenarnya penting.

“Jangan sampai ada kluster TPS, pilkada sehat itu pilkada yang seperti itu, sudah kita himbau juga kepada PTPS agar preventif lah untuk menyampaikan itu, ini kan edukasi yang wajib disampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

“Mudah-mudahan TPS yang lain tidak ditemukan seperti itu,” tambahnya.

Selain itu Komisioner Bawaslu Bangka Belitung, Dewi Rusmala mengungkapkan bahwa juga menemukan ada surat suara yang belum ditandatangani dan takutnya hal itu berefek buruk.

“Kalau dia lebih dari satu (surat suara yang tidak ditandatangani) bisa mengakibatkan pemungutan suara ulang, tapi yang saya cek tadi hanya ada satu surat suara,” kata Dewi Rusmala, 9 Desember 2020.

“Kalau TPS yang lain kita belum lacak, kita datang ke TPS untuk mengingatkan itu juga terkait dengan penandatanganan surat suara oleh Ketua KPPS,” demikian Dewi Rusmla.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button