BANGKA SELATANNEWS

Penambang TI Tungau Toboali Bandel dan Kabar Setor Rp 1 Juta Per Ponton

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Upaya untuk melakukan aktivitas penambangan secara ilegal di Perairan Toboali Kabupaten Bangka Selatan masih terus dilakukan. Meski sudah ada ultimatum menghentikan semua tambang ilegal, namun itu tidak membuat jera para penambang Tambang Inkonvensional (TI) Tungau.

Informasi yang diterima wartawan dari sumber di masyarakat, penambang TI Tungau dikabarkan menyetor uang hingga Rp 1 juta agar dapat menambang di Perairan Toboali. Uang tersebut diserahkan kepada oknum masyarakat yang bertugas sebagai koordinator di lokasi tersebut.

“Sepengetahuan kami kalau TI Tungau mau menambang disitu setor Rp 1 juta. Ada koordinatornya. Tidak jelas juga alasannya untuk apa uang itu,” ujar sumber tersebut kepada wartawan, Minggu, 27 Desember 2020.

Menanggapi persoalan tersebut, Kapolres Bangka Selatan Ajun Komisaris Besar Agus Siswanto mengatakan penambangan timah ilegal di Perairan Toboali tetap dilarang. Dia pun menanyakan kepada siapa penambang TI Tungau menyetor uang Rp 1 juta agar bisa menambang.

“Bayar kemana. (Penambangan) dilarang. Tadi malam sudah saya cek berhenti,” ujar Agus saat dikonfirmasi wartawan, Minggu, 27 Desember 2020.

Menurut Agus, kedatangannya ke lokasi TI Tungau malam tadi adalah dalam rangka melakukan pencegahan. Ketika ditanyakan bagaimana jika penambang masih membandel, Agus menegaskan akan bertindak. “Akan kita tangkap,” ujar dia.

Aktivitas pertambangan timah laut di Perairan Toboali memang menuai polemik akibat adanya pro kontra ditengah masyarakat. Bahkan Kapolda Bangka Belitung telah memerintahkan untuk menyetop sementara aktivitas tambang timah laut agar dilakukan penataan. Di mana hanya tambang dengan izin lengkap saja yang diperbolehkan beraktivitas.

Penulis: Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button