NEWS

Masyarakat yang Membuat Kerumunan Saat Malam Tahun Baru Akan Diamankan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung melarang berbagai bentuk kegiatan perayaan tahun baru karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan berdampak pada penyebaran Covid-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Hindarsono mengatakan pihaknya telah memerintahkan seluruh Kepala Satuan (Kasat) Lantas dan jajaran untuk melaksanakan pengamanan peringatan natal dan perayaan tahun baru.

“Kita melarang dan memastikan tidak ada kerumunan massa atau kegiatan perayaan tahun baru, baik itu kerumunan massa di luar lapangan, dalam gedung atau kegiatan live music,” ujar Hindarsono kepada wartawan usai membuka Rakernis Lalu Lintas di Bangka City Hotel, Selasa, 15 Desember 2020.

Selain kegiatan yang sifatnya berkumpul, Hindarsono juga menuturkan bahwa kegiatan arak-arakan atau konvoi pada saat malam tahun baru juga ikut dilarang.

“Kalau terjadi akan kita tertibkan. Pengumpulan massa yang banyak dan meresahkan masyarakat hingga menganggu penetapan protokol kesehatan akan kita amankan,” ujar dia.

Pada libur perayaan natal dan tahun baru nanti, kata Hindarsono, pihaknya akan mengatur arus lalu lintas di gereja dan lokasi tempat wisata. Dengan sandi Operasi Lilin Menumbing, Hindarsono menegaskan peran dan fungsi lalu lintas akan dimaksimalkan.

“Sesuai dengan arahan dari Kapolri, Kakorlantas dan Kapolda, kita juga diminta melakukan kegiatan bersifat humanis seperti memberikan imbauan dan peringatan bagi pengguna jalan yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Akan ada juga pembagian masker,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button