BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Lembaga Pendidikan di Bangka Selatan Terima Bantuan DAK Non Fisik

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyalurkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) non fisik untuk bantuan operasinal penyelenggara (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan kesetaraan.

Sebanyak 97 lembaga pendidikan di Kabupaten Bangka Selatan itu menerima bantuan DAK non fisik dengan total nilai sebesar Rp 1.685.150.000. Penyerahan secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer didampingi kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sumadi.

Justiar Noer mengatakan bantuan DAK non fisik bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bertujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus non fisik yang merupakan urusan daerah diantaranya adalah BOP pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan.

“Dana Alokasi Khusus ini merupakan program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan kesetaraan,” ujar Justiar kepada wartawan, Selasa, 1 Desember 2020.

Lebih rinci, Justiar menyebutkan, dari 97 lembaga pendidikan yang menerima bantuan DAK non fisik tahun 2020 pada tahap kedua ini yakni PAUD/TK Negeri sebanyak 14 lembaga dengan total Rp 351.600.000. Sedangkan untuk lembaa pendidikan PAUD/TK Swasta sebanyak 65 lembaga dengan total Rp 870.300.000.

“Untuk pendidikan kesetaraan diberikan kepada 18 lembaga dengan total bantuan yang di berikan berjumlah Rp 463.250.000,” ujar dia.

Ia menuturkan, bantuan DAK non fisik diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kredibilitas kelembagaan satuan pendidikan penyelenggara PAUD dan pendidikan kesetaraan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan. 

“Bantuan DAK non fisik diharapkan dapat meringankan beban biaya pendidikan bagi masyarakat dan orang tua dalam penyelenggara dan pengembangan PAUD dan pendidikan kesetaraan,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, meskipun bantuan DAK non fisik bersifat stimulan ataupun dana pendukung operasional kelembagaan dapat memberikan manfaat secara maksimal tepat sasaran dalam mendukung operasional penyelenggara PAUD maupun pendidikan kesetaraan secara efektif dan efisien, tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu serta terhindar dari berbagai pelanggaran.

“Mari kita jemput masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan atau terkendala di pendidikan formal, agar mereka mendapatkan pelayanan dipendidikan kesetaraan, agar masyarakat kita tidak ada lagi yang tidak sekolah,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button