BANGKA BARATNEWS

KNPI Bangka Barat Apresiasi Lanal Babel, Usai Ungkap Sabu 2 Kg di Tanjung Kalian

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Ketua DPD KNPI Bangka Barat Riandi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Lanal Babel dan KSOP yang tergabung dalam Satgas Angkutan Laut Pelabuhan. Sebab, pada Kamis, 24 Desember 2020 lalu, Tim Gabungan FIQR Posal Muntok Patkamla Menumbing dan KSOP berhasil mengamankan salah satu penumpang kapal ferry yang membawa sabu-sabu seberat 2 kilogram, di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

“Narkoba ini adalah musuh besar kita semua, bahkan berdampak menghancurkan masa depan generasi bangsa. “Oleh karena itu, KNPI Bangka Barat, mengapresiasi atas keberhasilan Tim Gabungan yang di komandoi oleh Lanal Babel yang berhasil mengamankan sabu seberat 2 Kg dari tangan tersangka salah satu penumpang kapal ferry di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok,” ungkap Riandi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 25 Desember 2020.

Dikatakannya, pengungkapan kasus narkoba di Pelabuhan Tanjung Kalian dalam jumlah besar sudah sering terjadi. 

“ASDP selaku operator pelabauhan Tanjung Kalian, harus mampu melibatkan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan pengawasan baik kendaraan maupun orang yang akan menyeberang menggunakan jasa penyeberangan pelabuhan. “Jika tidak, pelabuban Tanjung Kalian Muntok, akan menjadi pintu masuknya Narkoba ke Bangka Belitung, dan itu akan menghancurkan generasi muda di Bangka Belitung,” ujar Riandi.

Lebih lanjut dikatakannya, pencegahan penggunaan narkoba di kalangan anak muda khususnya di Kabupaten Bangka Barat, menjadi salah satu agenda program prioritas DPD KNPI Bangka Barat di bawah kepemimpinannya selaku Ketua KNPI Bangka Barat periode 2020-2023. 

“Sekarang kita sedang menyusun program kerja KNPI Bangka Barat, salah satunya pencegahan penggunaan narkoba, dimana sasaran program ini yaitu anak-anak muda, KNPI juga akan melibatkan institusi vertikal seperti Polres, Dandim dan Kejari Bangka Barat, karena narkoba ini musuh bersama,” terangnya. 

Sebelumnya Tim F1QR Lanal Babel bekerja sama dengan BNN Provimsi Kepulauan Babel, mendapat  informasi salah satu penumpang KMP. Menumbing Raya yang di duga membawa paket Narkoba jenis sabu menyebrang dari Tanjung Api-api Sumsel menuju Tanjung Kalian Muntok. 

Selanjutnya Tim F1QR bersama petugas Satgas Angla mengamankan salah satu penumpang yang sudah menjadi target yang kala itu pejalan kaki yang baru saja turun dari kapal KMP Menumbing Raya di pelabuhan Tanjung kalian Muntok.

Penumpang yang sudah jadi target tersebut sebelumnya dilakukan verifikasi hasil rapid test antigen dan barang bawaan dilakukan pemeriksaan ternyata ditemukan dua bungkus berwarna hijau yang diduga Narkoba jenis sabu sabu dengan berat sekitar 2 kg,  selanjutnya penumpang serta barang bukti di amankan ke Pos TNI AL Muntok untuk penyelidikan lebih lanjut bersama BNN dan Bea Cukai. 

Berdasarkan penyelidikan awal diperoleh data tersangka penumpang berinisial AM asal Pangkalpinang usia 37 tahun, berdomisili di Pangkalbalam. Selanjutnya atas perintah Komandan Lanal Babel Kolonel Laut Dudik Kuswoyo, tersangka dan barang bukti berupa sabu 2 kg, handphone 2 unit, dibawa ke kantor Pomal untuk diserahterimakan kepada BNNP Pangkalpinang. 

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button