NEWS

Imbas Covid-19, Babel Berpeluang Pinjam Dana ke Pusat

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Adanya pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung sehingga dalam menjaga stabilitas ekonomi. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui BAPPEDA meminjam dana dari pemerintah pusat.

“Kita ajukan permohonannya kalau bisa tahun ini, jadi booking pinjamannya tahun ini karena bunganya 0 persen. Jumlah yang kita ajukan sebesar 245 miliar, kita tinggal menunggu apakah disetujui oleh Kementerian Keuangan atau tidak,” kata Kepala Bappeda Babel, Fery Insani kepada wartawan, di Pangkalpinang, Rabu, 20 Desember 2020.

Mekanisme peminjaman itu sambung Fery telah sesuai dengan aturan yang berlaku dan diklaimnya tidak melabrak ketentuan yang ada. Tujuan peminjaman tersebut menurutnya semata-mata untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

“Kita jelaskan kalau APBD kita mengalami penurunan, pendapatan kita turun, jadi ini upaya kita untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi kita,” katanya.

Adapun mekanisme pembayaran kepada pemerintah pusat dengan cara cicilan selama empat tahun terhitung sejak peminjaman berlaku, untuk itu ia mengharapkan pemerintah harus memaksimalkan pendapatan asli daerah dari berbagai sektor, semisalnya pajak bumi bangunan dan lain sebagainya.

“Untuk sistem pembayaran kita cicilan selama 4 tahun. Untuk itu kita akan berusaha tinggkatkan PAD, kita gali setiap sektor pendapatan, untuk menambah PAD,” terangnya.

Lebih lanjut, Fery menambahkan hakekat peminjaman sudah lazim digunakan oleh pemerintah provinsi lainnya selama penggunaan dana tersebut untuk pembangunan insfrastruktur bukan untuk kepentingan subsidi dan lain-lainnya atau dengan kata lain tidak menghasilkan sirkulasi keuangan.

“Paling utama, dana tersebut akan digunakan untuk infrastruktur. Karena untuk memenuhi kebutuhan kita, tidak cukup dengan kondisi anggaran yang ada, kalau kita bangun sedikit-sedikit kita gak dapat percepatan,” ungkapnya.

Pembangunan infrastruktur yang dimaksud, dikatakannya yakni pengembangan ruas jalan di provinsi Bangka Belitung. Selain itu juga diperuntukkan untuk meningkatkan fasilitas kesehatan rumah sakit.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button