LENSA POLITIKNEWS

DPRD Bahas Pengangkatan Calon pengganti Ketua DPRD Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – DPRD Bangka Belitung, Rabu, 30 Desember 2020, menggelar rapat paripurna yang langsung dipimpin oleh Pelaksana Tugas Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi.

Salah satu agenda dalam rapat paripurna ini ialah pengumuman dan usulan peresmian pengangkatan calon pengganti Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rapat dihadiri oleh 25 anggota dari 38 anggota DPRD Babel. Rinciannya, 22 orang anggota hadir secara langsung di ruang paripurna, dan 3 orang anggota mengikuti melalui telekonferens.

“Rapat Paripurna yang terhormat, agenda paripurna selanjutnya adalah pengumuman dan usulan peresmian pengangkatan calon pengganti Ketua DPRD Provinsi Kepulaun Bangka Belitung Masa Jabatan 2019 – 2024,” tutur Amri, saat mengawali rapat paripurna.

Untuk diketahui, pada tangga 22 Desember 2020 yang lalu, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan PDI-P Provinsi Kepulaun Bangka Belitung telah menyampaikan nama calon pengganti Ketua DPRD DPRD Provinsi Kepulaun Bangka Belitung melalui Surat Nomor : 086/EX/DPD-12/XII/2020.

Dengan mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, Kota, serta Peraturan DPRD Provinsi Kepulaun Bangka Belitung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib Sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 1 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulaun Bangka Belitung Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib.

Dalam ketentuan Pasal 48 ayat (2), berbunyi: “Calon Pengganti Pimpinan DPRFlD yang Berhenti Diusulkan Oleh Pimpinan Partai Politik Untuk Diumumkan Dalam Rapat Paripurna dan Ditetapkan Dengan Keputusan DPRD”.

Selanjutnya, Dalam ketentuan Pasal 48 ayat (3) mengamanatkan, bahwa: “Pimpinan DPRD Mengusulkan Peresmian Pengangkatan Calon Pengganti Pimpinan DPRD Kepada Menteri Melalui Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat”.

Penulis: Mohammad Rahmadhani

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button