NEWS

Cerita Anto Melukis Wajah Molen, Ditantang Lurah Selesai dalam Waktu Dua Hari

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebuah lukisan bergambar wajah Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dan isteri yang sedang berboncengan dengan skuter Vespa, diperlihatkan dalam pelantikan pengurus RT/RW di Kelurahan Selindung Lama. Lukisan itu juga menjadi souvenir yang diberikan kepada Molen.

Ternyata ada cerita menarik di balik proses pembuatan lukisan tersebut. Anto, sang pembuatnya, hanya diberi waktu dua hari oleh Lurah Sslindung Lama, Musyadi, untuk menyelesaikan karyanya itu.

Meski mendapat waktu yang minim, Anto mengakui merasa tertantang untuk melukis wajah orang nomor satu di Kota Pangkalpinang ini.

Mengaku sempat merasa cukup kesulitan untuk memulai, selain hanya diberi waktu dua hari, ternyata usul dan saran Kelurahan dimintai untuk mengambil sudut pandang berbeda dari sebelumnya. Sebab, lukisan yang diambil dari foto tersebut, rupanya memiliki latar belakang Jembatan Emas. Di tangan Anto, harus memiliki latar berbeda yang disesuaikan dengan kondisi Kelurahan Selindung Lama.

“Tapi karena mau mengambil ikon Kelurahan Selindung Lama dari yang tadi foto di Jembatan Emas dipindah ke jembatan yang ada di Selindung Lama menuju Sungailiat itu, tujuannya mengambil khas selindung lama,” jelas Mas Anto sapaan akrabnya kepada lensabangkabelitung.com, di Kantor Kelurahan Selindung Lama, Pangkalpinang, Senin, 14 Desember 2020.

Anto menceritakan trik dan teknik dalam melukis selalu diawali dengan ketepatan penempatan mata, hidung dan bibir objek dengan begitu bentuk wajah yang akan dilukis akan selalu tepat baik itu bentuk tirus dan oval. Walhasil, lukisan yang menggambarkan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil dan Istri Wali Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda itu tampak sempurna.

Anto mengatakan, saat ini dirinya telah melukis sebanyak belasan lukisan terdiri dari inisiatif pribadi dan pesanan konsumen, untuk taksiran nominal, kata Anto sangat sulit ditentukan sebab menurutnya sebuah seni tidak dapat disamakan dengan komiditi harus ada kesepakatan.

Di tempat yang sama, kepada wartawan, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil cukup antusias menerima lukisan berwajah dirinya itu. Sebab, dirinya sangat menyukai lukisan dan rencananya akan dipajang di rumah dinas.

“Sangat bagus, kebetulan saya sangat lukisan, dan satu-satunya kelurahan yang memberikan lukisan sebagai cendera mata di pelantikan yakni Kelurahan Selindung Lama,” tutur Molen.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button