LENSA EKONOMINEWSPANGKALPINANG

Budidaya Ketem Keremangok Berpotensi Jadi Sumber Baru PAD Kota Pangkalpinang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Kota Pangkalpinang mulai serius memperhatikan potensi ketem keremangok yang digadang-gadang akan menjadi sumber penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang baru, terkhusus dari sisi sumber daya alam yang ada.

Hal ini berkait dengan daerah Selindung Lama yang sudah identik dengan ketem keremangok.

Camat Gabek, Yusnizar mengatakan untuk menjaga produktivitas ketem keremangok di daerah Selindung Lama, akan dibangun tambak ketem keremangok yang langsung dibudidaya oleh warga setempat. Selama ini, warga hanya mengandalkan tangkapan tangan yang terbatas.

“Memang selama ini dicari secara alamiah, tetapi ke depan akan dibangun tambak juga di kisaran Sungai Selindung. Planing dari Pemerintah Kota Pangkalpinang akan membudidayakan ketem keremangok, jadi tidak mengandalkan sungai lagi tetap juga lewat budidaya,” tutur Yusnizar, ketika dijumpai Lensabangkabelitung.com, Jumat, 18 Desember 2020.

Sebagai penegas identitas Sslindung Lama sebagai kawasan penghasil ketem keremangok, Pemkot Pangkalpinang sudah berencana untuk membangun tugu ketem keremangok di sana.

“Kalau untuk pembangunan tugu ketem keremangok, memang kalau dilihat dari sejarahnya khas dari Kelurahan Selindung Lama,” kata Yusnizar.

Dengan kehadiran ikon tersebut, sambung Yusnizar, akan menjadi potensi wisata baru karena lokasi yang sangat strategis yakni jalan masuk ke Kota Pangkalpinang khususnya pendatang dari sungailiat dan kota lainnya.

“Ini akan menjadi potensi wisata baru, dan mungkin sekarang hanya dibangun tugu saja, tetap planingnya akan menjadi resort, dimana Wali Kota Pangkalpinang sendiri dikonfirmasi siap untuk membangun itu menjadi destinasi wisata baru,” terangnya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button