BELITUNGBELITUNG TIMURLENSA POLITIKNEWS

BREAKING NEWS: Tok! Majelis Hakim Vonis Bebas Amel

Lensabangkabelitung.com, Belitung – Syarifah Amelia dinyatakan tidak terbukti bersalah dalam perkara tindak pidana pemilu. Dalam putusannya, majelis hakim memutuskan tiga tuntutan yang oleh jaksa tidak dapat dipenuhi.

“Membebaskan Terdakwa (Syarifah Amelia -red) dari dakwaan penuntut umum. Memulihkan hak terdakwa dan martabat,” kata ketua majelis hakim, Himelda Sidabalok dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjung Pandan, Rabu, 2 Desember 2020.

Dalam pertimbangannya, hakim menilai bukti-bukti serta fakta yang terungkap tentang kalimat penghasutan, adu domba dan fitnah pada kalimat “Karena kalok bersih Pilkada Belitung Timur, maka yang menang akan numor?“ Lalu dijawab serentak oleh peserta kampanye dengan kata: “Satuuu“, dalam persidangan tidak meyakinkan.

Oleh karena itu, tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) dinyatakan tidak sah.

“Menimbang, maka tuntutan jaksa penuntut umum tidak sah,” terang hakim.

Diketahui, dalam perkara yang disidangkan di PN Tanjungpandan, Amel dituntut jaksa membayar denda 6 juta rupiah. Amel dinilai jaksa telah melakukan Tindak Pidana menurut ketentuan Pasal 187 ayat 2 jo. Pasal 69 huruf c Undang-undang No.1 tahun 2015 dalam orasinya berkampanye mengajak Pilkada Beltim Bersih.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button