NEWS

Baliho Wajah dan Nomor 4 Riza Herdavid Dipasang di Masa Tenang, Kampanye Terselubung?

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Berbulan-bulan lamanya masa kampanye Pilkada Serentak, hingga berakhir tanggal 5 Desember 2020, sepertinya masih kurang untuk Riza Herdavid di Pilkada Bangka Selatan. Di masa minggu tenang yang dimulai hari Minggu, 6 Desember 2020, dan mestinya sudah bersih dari segala yang menyerempet kampanye, muncul wajah Riza Herdavid lengkap dengan angka 4 yang adalah ciri nomor urutnya, di baliho yang ada di wilayah Bangka Selatan. Salah satunya terpasang di pinggir jalan Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Bangka Selatan.

Wajah Riza Herdavid terpasang pada baliho berukuran besar yang isinya mengajak orang untuk menggunakan hak pilihnya, agar datang ke TPS. Angka 4 yang dicetak ukuran besar dan mencolok, yang menjadi nomor urutnya terkesan disamarkan dalam bentuk kewajiban untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kesan adanya kampanye terselubung di masa tenang ini, telah diketahui dan akan ditindaklanjuti oleh KPU Bangka Selatan.

Ketika dihubungi, Komisioner KPU Basel, Herry Basrah mengatakan lembaganya telah mendapat kabar dan telah mengetahui adanya baliho pasangan calon yang terkesan masih mengkampanyekan diri, dengan menonjolkan angka 4 beserta wajah.

“Kami akan surati pasangan calon tersebut, dan juga kepada pasangan calon lainnya, untuk menaati aturan di masa tenang,” ujar Herry, Minggu malam, 6 Desember 2020.

Secepatnya pula, lanjut Herry, KPU akan berkoordinasi dengan Bawaslu dan pemerintah daerah serta kepolisian untuk tindakan lebih lanjut.

Adapun ketika dikonfirmasi kepada tim kampanye Riza Herdavid-Debby Jamro melalui Liason Officer-nya Aswandi, menyatakan dari tim sukses pasangan calon nomor urut 4 tidak ada lagi pemasangan tanda gambar maupun alat peraga lainnya yang dilakukan.

“Tidak ada lagi (yang dipasang). Kita sudah setop. Sejak beberapa hari lalu. Tidak ada lagi pemasangan tanda gambar dari kita,” ujar dia.

Di baliho yang diduga kampanye terselubung ini, wajah Riza Herdavid berpakaian dinas putih dan disertai dengan keterangan jabatannya saat ini sebagai Wakil Bupati Bangka Selatan.

Berbeda dengan lazimnya baliho resmi kedinasan, pada baliho ajakan ke TPS ini tak disertakan pula foto orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh, yakni Bupati Bangka Selatan Justiar Noer.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button