BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Ada Peserta Rapat Anggaran di DPRD Bateng Bocorkan Materi, PPP : Tidak Beretika

Lensabangkabelitung.com, Bangka Tengah– Anggota DPRD Bangka Tengah (Bateng) sekaligus Juru Bicara Fraksi PPP Apri Panzupi mengkritisi adanya peserta rapat anggaran yang membocorkan isi materi pembahasan sebelum rapat paripurna pengesahan APBD 2021 dilaksanakan.

“Jelas disini ada pelanggaran etika rapat karena salah satu peserta rapat anggaran membocorkan materi rapat ke publik. Padahal paripurna pengesahan APBD belum dilaksanakan,” Apri kepada wartawan usai paripurna pengesahan APBD, Senin, 30 November 2020.

Menurut Apri, materi rapat masih bersifat rahasia sebelum dilaksanakannya paripurna. Sosialisasi atau pemberitahuan kepada publik baru wajib disampaikan setelah paripurna.

“Etika rapat jangan dibalik. Materi yang sudah disahkan baru boleh publish. Bukannya sebelum dirapatkan malah materinya sudah kemana-mana,” ujar dia.

Apri menuturkan ada tendensi yang menyatakan bahwa dewan telah menyoret beberapa kegiatan. Akibatnya beberapa pihak memposisikan DPRD sebagai kambing hitam atas berbagai kegiatan yang tidak dapat direalisasikan.

“Padahal faktanya memang pemda yang keterbatasan anggaran. Dengan tendensi yang mengatakan bahwa dewan menyoret beberapa kegiatan sama saja namanya politik adu domba. Jelas prilaku ini harus dihentikan karena tidak sehat,” ujar dia.

Apri meminta politisi tidak dipaksa masuk keranah politik adu domba karena sejatinya politisi itu paling jago soal retorika. Kalau pemda belum memiliki kekuatan anggaran, kata dia, jangan menyalahkan DPRD.

“Jangan karena buruk rupa, cermin dibelah. Saya menghimbau untuk oknum tertentu menghentikan cara-cara tidak sehat seperti ini karena selain bisa menyebabkan disharmonisasi hubungan antar lembaga, juga memiliki implikasi hukum karena ada unsur fitnahnya disitu,” ujar dia.

Penulis : Hendry | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button