BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA POLITIKNEWS

Surat Suara Pilkada Bangka Selatan Sudah Tiba, Dijaga Ketat TNI-Polri

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Surat Suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan tahun 2020 telah tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan. Surat suara tersebut dikirim dari PT Temprina Media Grafika Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Ketua KPU Bangka Selatan Amri menyebutkan sebanyak 139.653 surat suara non Pemilihan Suara Ulang (PSU) dan PSU 2.000 dikemas dalam 71 koli tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang sekira pukul 10.00 WIB.

“Dengan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan juga Bawaslu, Alhamdulillah sekitar pukul 16.50 WIB surat suara Pilkada Basel tiba dan telah disimpan di dalam gudang KPU Bangka Selatan,” ujar Amri kepada wartawan, Senin, 23 November 2020.

Amri menuturkan, untuk tahap selanjutnya yaitu proses penyortiran untuk mengecek kondisi surat suara apakah semuanya dalam keadaan baik atau tidak. Kemudian tahapan berikutnya adalah proses pelipatan yang akan dimulai besok Selasa.

“Besok akan mulai dilakukan pelipatan surat suara yang diperkirakan akan selesai dalam tiga hari dengan menggunakan tenaga masyarakat sekitar kantor KPU sebanyak 50 orang,” ujar dia. 

Ia mengungkapkan, untuk dari segi kemananan gudang sudah sangat baik untuk menempatkan logistik surat suara dan item logistik lain. Selain dilengkapi dengan fasilitas teralis di setiap pintu dan jendela, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan desinfektan dan cairan anti rayap. 

“Tempat menyimpan logistik sudah dilapisi pula dengan standar keamanan. Gudang ini juga dijaga dengan ketat oleh aparat kepolisian, TNI dan penjaga gudang dari KPU dengan sistem pengamanan selama 24 jam. Dan untuk kunci gudang sendiri masing-masing di pegang oleh pihak kepolisian, Bawaslu dan juga KPU,” ujar dia.

Sementara itu Kapolres Bangka Selatan AKBP Agus Siswanto mengatakan pihaknya telah melakukan pengawalan dan pengamanan logistik surat suara untuk Pilkada Basel dari Semarang sampai dengan tiba ke kantor KPU Bangka Selatan.

“Tugas kita dari kepolisian hanya melakukan pengawalan dan pengamanan. Kita juga sudah memegang satu kunci gudang. Dan dari hasil pengawasan tadi logistik untuk pilkada ini sudah disimpan denga baik, dan ada pelipatan nanti juga kita akan mengecek kembali,” ujar dia.

Kemudian, ketua Pokja Logistik Bawaslu Bangka Selatan, Azhari mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara melekat dalam pendistribusian logistik surat suara untuk mulai dari percetakan sampai tiba ke KPU.

“Dari hasil pengawasan kota sampai saat ini belum menemukan adanya kerusakan pada logistik surat suara. Namun pada saat sortir dan pelipatan besok kita kan terus melakukan pengawasan apakah ada surat suara yang rusak atau tidak,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button