BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA NASIONALNEWS

Permudah Perbaikan Alat Pertanian, Bupati Bangka Selatan Resmikan Bengkel Alsintan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Bupati Bangka Selatan Justiar Noer meresmikan bengkel Alat Mesin Pertanian (Alsintan) UPJA Marga Jaya Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Pembangunan gedung perbengkelan tersebut berdasarkan penilaian oleh tim dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BPP Mektan) Kementerian Pertanian.

Bupati Bangka Selatan Justiar mengatakan dari 10 UPJA diseluruh Indonesia, hanya UPJA Marga Jaya Marga Jaya Desa Rias satu-satunya di Bangka Belitung yang mendapatkan perbengkelan Alsintan.

“Bengkel Alsintan ini nantinya berfungsi sebagai tempat perbaikan, perawatan Alsintan dan penyediaan suku cadang termasuk sarana penyimpanan peralatan bengkel Alsintan guna memfasilitasi perbaikan Alsintan diwilayah Kabupaten Bangka Selatan,” ujar Bupati Justiar kepada wartawan, Kamis, 26 November 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan Suhadi mengatakan dengan adanya bengkel Alsintan UPJA Marga Jaya ini ada kemudahan dalam pemeliharaan dan perbaikan alat mesin pertanian yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“UPJA ini pada posisi sebagai pendukung mekanisasi yang fungsinya untuk mengelola pengelolaan alat mesin pertanian yang cukup banyak sehingga ada kemudahan dalam pemeliharana dan perbaikan,” ujar dia. 

Ia menuturkan, sebelum adanya bengkel Alsintan UPJA Marga Jaya, perbaikan alat pertanian memang mengalami kesulitan yaitu lokasi yang tidak menentu dan yang melaksanakan dalam mengelola alat mesin ini belum paham betul pengelolaan alat mesin pertanian.

“Dengan adanya perbengkelan Alsintan ini kedepannya masyarakat terutama kelompok pertanian yang mengelola alat mesin ini bisa cepat mendapat pelayanan dari Alsintan yang dikelola UPJA Marga Jaya,” ujar dia.

Kemudian Ketua UPJA Marga Jaya Desa Rias, Rojim mengatakan, perbengkelan Alsintan UPJA Marga Jaya Desa Rias, dapat memberikan fasilitas seperti suku cadang Alsintan.

“Kesulitan dan tantangan kita di daerah Bangka Selatan ini adalah banyak dari masyarakat yang belum memahami tentang kebutuhan alat ini. Dengan ini kami harapkan mereka memehami kebutuhan Alsintan untuk mendukung perekonomian ataupun pangan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button